UMKM “Go Digital!” Perluas Jangkauan Pemasaran : Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Door to Door UMKM Desa Sampih
(Kegiatan Door to Door ke Pelaku UMKM Olahan Singkong Desa Sampih-Mbah Suriah)
Pekalongan (30/07/2022) – Revolusi Industri 4.0 yang sedang berkembang sering disebut dengan pintu transformasi menuju perbaikan integrasi. Hal ini tidak hanya mendorong para pelaku ekonomi untuk kreatif tetapi juga memberikan tantangan baru termasuk di bidang pemasaran. Dunia semakin maju dan otak semakin berkembang, memasuki era ini diharapkan metode pemasaran baru melimpah dapat digunakan oleh pebisnis yang merintis maupun sudah berjalan.
Dari permasalahan tersebut, mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Tahun 2022, Wulan Listiani melakukan edukasi kepada pemiliki UMKM yang ada di Desa Sampih mengenai “Strategi Pemasaran yang Efektif dan Product Support kepada Masyarakat”. Kegiatan edukasi pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ini dilakukan secara door to door ke warga yang berwirausaha di Desa Sampih, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan yang dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2022. Warga yang didatangi oleh mahasiswa merupakan warga yang memiliki usaha yang beragam, mulai dari tape singkong, keripik singkong, gethuk hingga produksi jajanan tradisional lainnya.
(Kegiatan Door to Door ke UMKM yang ada di Desa Sampih)
Kegiatan door to door ini mendapatkan antusias yang cukup tinggi dan tentunya akan menjadi solusi atas permasalahan yang mungkin dialami oleh pelaku UMKM maupun masyarakat mengenai strategi pemasaran. Hal ini bisa dilihat ketika mereka dengan seksama memperhatikan penjelasan mengenai pemasaran produk UMKM yang disampaikan oleh mahasiswa mengenai strategi pemasaran yang dapat dilakukan secara online hanya bermodalkan smartphone dan jaringan. Kegiatan edukasi pengembangan UMKM ini bertujuan memberikan informasi mengenai strategi pemasaran produk. Beberapa strategi pemasaran yang dapat diterapkan diantaranya keunggulan produk, target pasar yang tepat, kemasan yang menarik, promosi penjualan, layanan konsumen, jaringan usaha, dan mengikuti perkembangan zaman.
Dengan diadakannya program kegiatan ini, para wirausahawan atau pelaku UMKM yang sedang merintis usaha maupun yang sudah memiliki nama di pasaran mendapatkan tambahan pengetahuan mengenai strategi pemasaran yang efektif dalam menjangkau pangsa pasar mereka lebih luas lagi secara mudah melalui internet (e-commerce). Minat pelaku UMKM untuk meng“Go Digital”kan usahanya pun meningkat melalui aplikasi marketplace.
Penulis : Wulan Listiani (Fakultas Ekonomika dan Bisnis/ Ekonomi Islam/ 12020219130130)
Dosen Pembimbing Lapangan : Desyta Ulfiana, S.T., M.T.
Lokasi KKN : Kelurahan Sampih, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan