PENGOPTIMALAN PEMASARAN UMKM: Mahasiswa KKN Tim II Undip Memberikan Edukasi Penggunaan Media Sosial

(Semarang,29/7). penggunaan media sosial merupakan salah satu sarana utama dalam mempromosikan suatu usaha. Namun, tidak semua orang menguasai cara penggunaan media sosial itu sendiri secara optimal terlebih ketika pemilik usaha merupakan seseorang yang berusia paruh baya. Hal ini menjadi penghambat dalam berkembangnya UMKM di wilayah RW 18 Kelurahan Tlogosari Kulon Kecamatan Pedurungan Kota Semarang.

Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa KKN Tim II Undip bernama Muhammad Faiz Firmansyah memberikan edukasi mengenai penggunaan media sosial kepada pemilik UMKM khususnya menggunakan aplikasi di Instagram. Mahasiswa memberikan tutorial mengenai cara memposting foto maupun video dan cara menggunggah status di isntagram. Sasaran dari kegitan tersebut adalah pemilik UMKM Rumah Sulampita yang terletah di RT 01 RW 18 Kelurahan Tlogosari Kulon Kecamatan Pedurungan Kota Semarang.

Pelaksaan tersebut mendapatkan antusiasme yang tinggi dari pemilik umkm yang belum menguasai menggunaan sosial media instagram. selain itu mahasiswa juga membantu pemotretan produk untuk diunggah di instagram. Pemilik umkm berharap agar usaha yang mereka jalankan akan semakin berkembang setelah melakukan pemasaran melalui media sosial tersebut.

Penulis: Muhammad Faiz Firmansyah
DPL: Dr. Yoyok Budi Pramono, S.Pt,Msi