GERMAS TIBA (Gerakan Masyarakat Anti Narkoba) Ampuh Cegah Masyarakat Kelurahan Lempongsari untuk Menggunakan Narkoba

WhatsApp Image 2022-08-09 at 10.21.28

Lempongsari, Kota Semarang (30/07) Narkoba merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika dan obat-obatan terlarang. Bagai dua sisi yang berbeda, narkoba bisa menjadi sesuatu yang memberikan manfaat bagi manusia apabila digunakan dalam dosis tertentu dan diawasi penggunaannya oleh dokter. namun disisi lain, narkoba dapat merusak kesehatan apabila disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu. Untuk mencegah adanya penyalahgunaan narkoba di Kelurahan Lempongsari, Kota Semarang maka Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tim II dibawah bimbingan Bapak Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.Si membuat acara dengan tema gerakan masyarakat anti narkoba (GERMAS TIBA).

Acara GERMAS TIBA dilaksanakan pada sabtu 30 Juli 2022 dengan mengundang narasumber langsung dari Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah yaitu Bapak Iwan Budiyanto, SE. Sebagai penyuluh narkoba ahli pertama BNNP Jawa Tengah. Pada pelaksanaannya kami mengundang karang taruna kelurahan Lempongsari yang berjumlah 20 orang untuk berpartisipasi dalam acara GERMAS TIBA. Acara tersebut dimulai dari pukul 10.00 hingga pukul 12.00 di balai kelurahan lempongsari. Acara tersebut juga sangat interaktif karena partisipan aktif memberikan pertanyaan kepada narasumber yang membuat pelaksanaan edukasi berlangsung dua arah. “Acaranya sangat bagus karena materi yang diberikan berkaitan dengan hal yang penting yaitu pencegahan narkoba” kata Mas Rano selaku ketua karang taruna Kelurahan Lempongsari.

WhatsApp Image 2022-08-09 at 16.47.15

Selain acara edukasi terkait narkoba, kami juga membuat acara lomba poster digital yang akan diikuti oleh pelajar serta mahasiswa aktif yang berdomisili di Kelurahan Lempongsari. Dengan adanya lomba poster digital maka diharapkan remaja dapat mengasah kreativitas yang dimiliki serta menerapkan edukasi yang telah diberikan pada saat acara GERMAS TIBA dan lebih paham lagi terkait bahaya dan dampak narkoba yang akan merugikan dikemudian hari. Pemenang lomba poster akan diumumkan pada malam puncak acara 17 Agustus yang akan dilaksanakan di Kelurahan Lempongsari.

Penulis :
Hafizha Ayu Fajrilianti (Informasi dan Hubungan Masyarakat), Isnaini Maskhanatul Fuadah(Fisika), Jalal Wisnu Widiantoro (Teknik Mesin), Maulana Mahardika Arvi (Manajemen).