Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Tahun 2021/2022 Berikan Edukasi Etika Berkomunikasi di Sosial Media untuk Siswa/i SMP & Sosialisasi Digital Marketing untuk UMKM Pangan di Kelurahan Wonodri, Semarang Selatan
Kelurahan Wonodri, Semarang Selatan (09/08/2022) – Setelah diterjunkan pada 4 Juli 2022, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Tahun 2021/2022 di Kelurahan Wonodri mulai menjalankan berbagai program kerja untuk membantu dan membangun masyarakat sekitar.
Dua Program Kerja Monodisiplin yang dijalankan diantaranya adalah Sosialisasi “Digital Marketing dengan Food Delivery Online” untuk UMKM pangan dan Edukasi Etika Berkomunikasi di Sosial Media kepada UMKM & Siswa/i SMP di Kelurahan Wonodri.
Kegiatan Edukasi “Etika Berkomunikasi di Sosial Media” dilakukan pada 15 Juli 2022 lalu bertempatan di SMP St. Yoris Kelurahan Wonodri. Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk preventif untuk mengurangi dampak negatif dari penggunaan sosial media yang kurang bijak oleh remaja saat ini. Karena melihat fakta yang ada, Tingkat Penetrasi Internet di Indonesia mencapai 77,02% . Angka ini meningkat 12,22 % dari periode sebelumnya pada tahun 2018 yang hanya 64,80%. Peningkatan pengguna dan perkembangan digital yang sangat pesat ini, tidak diiringi oleh pemahaman mendalam tentang berkomunikasi di dunia internet. Hal ini dapat kita lihat dari maraknya kasus media/berita hoax, aksi kejahatan seksual pada anak remaja, juga ramainya aksi penipuan Bisnis Online yang tersebar di masyarakat. Ketiga Fenomena ini terjadi akibat ketidaktahuan masyarakat akan etika berkomunikasi di internet melalui media sosial.
Sumber : Dokumentasi Pribadi
Selain itu, Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung tujuan SDGs kedua yaitu tentang pendidikan berkualitas. Harapannya adalah masyarakat khususnya usia remaja jadi lebih bisa memilah informasi dan perilaku dalam bermain sosial media agar tidak terkena dampak negatif seperti kejahatan seksual melalui online, ataupun cyber crime lainnya.
Sedangkan, Kegiatan kedua yakni Sosialisasi “Digital Marketing dengan Food Delivery Online” untuk UMKM pangan dilakukan dua hari berturut-turut pada 19 dan 20 Juli 2022 dengan sistem berkunjung secara door to door ke masing-masing UMKM. Adapun kegiatan yang dilakukan meliputi pengenalan digital marketing, pengenalan grabfood/go food itu sendiri dan memberi pengetahuan terkait step by step cara mendaftar ke grabfood / go food.
Sumber : Dokumentasi Pribadi
Kegiatan ini diadakan untuk membantu UMKM di daerah setempat lebih berkembang karena meskipun Kelurahan Wonodri merupakan salah satu daerah strategis yang berada di dekat pusat Kota Semarang dengan jumlah UMKM mencapai lebih dari 3000. Sayangnya, masih banyak UMKM di Kelurahan Wonodri yang memasarkan dan menjual produknya secara konvensional.
Summber : Dokumentasi Pribadi
Selain itu, Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung tujuan SDGs kedelapan yakni tentang pekerjaan layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Harapannya setelah program ini diterapkan dapat membantu UMKM sekitar meningkatkan penjualan dan pendapatannya yang mana akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah sekitar juga.
Penulis : Dwi Ratna Silviani S / Fakultas Ekonomika dan Bisnis 2019
DPL : An’im Kaffabih, S.E., M.E.