Empat Langkah Hemat Listrik ! Mahasiswa UNDIP Ajak Warga Karangtempel Konservasi Energi

Semarang (23/07) Energi listrik merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting yang mana hampir semua kegiatan dan pekerjaan manusia membutuhkan energi listrik. Peningkatan penggunaan energi listrik merupakan parameter meninggkatnya kemakmuran masyarakat. Namun, penggunaan yang berlebihan dapat mengakibatkan dampak negatif bagi lingkungan dan masyarakat. Oleh karena itu, perlu adanya edukasi ke masyarakat mengenai konservasi energi listrik.

Foto bersama Ibu-ibu RT 08

Mahasiswa Universitas Diponegoro, Alvin Deo Samuel Purba, Program Studi Teknik Elektro memberikan edukasi penghematan listrik serta pengenalan lampu sensor gerak sebagai langkah konservasi energi listrik kepada warga RT 08 / RW 03 di Kelurahan Karangtempel, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang pada hari Sabtu (23/07/2022) secara langsung dengan mengadakan pertemuan dengan ibu-ibu RT 08.

Kegiatan Edukasi Konservasi Energi dengan Ibu-ibu RT 08

Kegiatan edukasi ini dilakukan dengan bantuan poster sebagai media pemberian informasi serta memberikan pengenalan penggunaan lampu sensor gerak secara langsung. Dalam kegiatan edukasi ini diberikan penjelasan mengenai 4 Tips Hemat Listrik, diantaranya atur penggunaan lampu, cabut colokan jika tidak terpakai, atur penggunaan alat elektronik berdaya besar, dan gunakan lampu LED. Salah satu peserta kegiatan, Ibu Maryani, berkata “Saya baru tahu mas tentang lampu sensor gerak ini, lampu ini sangat cocok buat saya, karena anak saya suka lupa matiin lampu kamar mandi”

Poster Tips Hemat Listrik

Dalam rangkaian KKN ini Mahasiswa KKN Tim II Undip Periode 2021/2022 Alvin Deo Samuel tidak hanya menggunakan poster sebagai media informasi saat kegiatan edukasi saja, untuk selanjutnya poster ini akan ditempel di Taman Baca RT 08 sebagai langkah meningkatkan keaktifan masyarakat dalam melakukan hemat energi.

Penulis : Alvin Deo Samuel Purba

Editor :  Abdi Sukmono S.T., M.T.,