JANGKAU LEBIH BANYAK ORANG, EDUKASI SOSIAL MEDIA BRANDING AND MANAGEMENT UNTUK UMKM AYSA BAG AND CRAFT ASAL KARANGREJO
Meningkat atau menurunnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah keterlibatan UMKM. Sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat 4, UMKM merupakan bagian dari perekonomian nasional yang berwawasan kemandirian dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. UMKM memiliki peran yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi negara. Maka dari itu eksistensi dari UMKM di setiap wilayah berperan penting sebagai potensi pertumbuhan ekonomi sebuah wilayah.
Semarang (09/08/2022) – UMKM memang memiliki potensi yang baik untuk pertumbuhan ekonomi suatu wilayah, tetapi perlu diingat bahwa UMKM tetap perlu pengelolaan yang baik terlebih dalam era digital yang berkembang sangat pesat saat ini. Mahasiswi Tim II KKN Universitas Diponegoro, Felisitas Yolandita Suryo Kinasih, melakukan edukasi dalam program kerja monodisiplin mengenai penerapan Sosial Media Branding and Management pada UMKM kerajinan rajut yaitu Aysa Bag and Craft milik Ibu Emi Mustikarini warga Kelurahan Karangrejo, Kota Semarang, Jawa Tengah. Hal ini juga selaras dengan kolaborasi dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) di Indonesia nomor 8 yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.
Foto Bersama Pemilik Aysa Bag and Craft
Foto Penggunaan Backdrop Foto Portable
Program kerja Sosial Media Branding and Management pada UMKM Aysa Bag and Craft dilakukan dalam beberapa kali pertemuan. Program kerja diawali dengan mengurus perizinan dan survey pada hari Selasa 12 July 2022. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan akun sosial media Instagram pada hari Minggu 23 July 2022. Selain pembuatan akun sosial media, mahasiswi juga melakukan edukasi mengenai fitur-fitur Instagram dan cara kerja algoritme dari Instagram. Mahasiswi juga memberikan saran bentuk konten yang sedang diminati dan ramai di sosial media. Nama akun dari Aysa Bag and Craft sendiri adalah ‘aysabag.craft’
Pada pertemuan berikutnya yaitu hari Senin, 1 Agustus 2022 mahasiswi melaksanakan foto produk dari Aysa Bag and Craft untuk catalog dan konten yang akan di upload di sosial media Aysa Bag and Craft. Selain itu mahasiswi juga memberikan backdrop portable untuk foto produk kepada pemilik dan edukasi cara pengambilan foto yang menarik dan selaras jika di upload di sosial media.
Dalam edukasi Sosial Media Branding and Management perlu banyak diajarkan kepada para pemilik UMKM, yang dimana masih kurang pengetahuan mengenai bagaimana cara mengelola sosial media yang baik sehingga dapat menjangkau calon pembeli lebih luas dan banyak lagi. Selain itu juga pemilik UMKM masih banyak yang belum mengerti atau belum mendapatkan terpaan mengenai marketing secara online melalui sosial media. Harapannya setelah dilakukan kegiatan ini UMKM dapat menjangkau lebih banyak orang secara online, menjadi lebih berkembang dari sebelumnnya, dan mampu beradaptasi dengan digitalisasi.
Penulis: Felisitas Yolandita Suryo Kinasih – Ilmu Komunikasi
Dosen Pembimbing Lapangan: Ari Wibawa Budi Santosa S.T., M.T.
#KKNTIMIIUNDIP2022 #KKNUNDIP2022 #LPPMUndip #P2KKN #Undip