Memperkenalkan Permainan Edukasi “Loop Wire Game” Kepada Orang Tua Di Desa Sidorejo, Brangsong
Sidorejo Brangsong, Kendal (09/08) – Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro yaitu Dina Novitasari, S-1 Jurusan Fisika, Fakultas Sains dan Matematika telah melaksanakan sebuah program kegiatan monodisiplin yaitu “ Memperkenalkan Permainan Edukasi Loop Wire Game” di Balai Desa Sidorejo, yang dihadiri oleh Ibu-Ibu Desa Sidorejo. Kegiatan ini diawali dengan kegiatan penyuluhan tentang permainan loop wire game, yang sebelumnya sudah dibagikan leaflet terlebihh dahulu.
Mengingat selama di era pandemi, anak-anak lebih banyak dihadapkan dengan kegiatan yang banyak melibatkan gadget, khususnya dalam hal pembelajaran jarak jauh ini. Sehingga, hal tersebut menjadi salah satu sebab dari keresahan orang tua. Karena kebiasaan bermain gadget tersebut terbawa hingga pada saat waktu bermain atau istirahatnya. Yang dimana, harusnya anak-anak dapat menghabiskan waktu senggangnya untuk kegiatan yang lebih produktif dibandingkan dengan kegiatan bermain gadget. Hal tersebut sangat dikhawatirkan, karena apabila kebiasaan tersebut berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, maka dapat berdampak negatif terhadap anak. Sehingga perlu adanya kegiatan pengalihan fokus anak terhadap kebiasaan tersebut. Salah satunya dengan menciptakan suasana baru terutama hiburan yang dapat berbasis edukasi, agar anak menjadi lebih produktif.
Permainan Loop Wire Game ini menggunakan prinsip fisika arus listrik dengan rangkaian sirkuit tertutup. Permainan ini menggunakan dua buah konduktor yaitu loop dan kawat lingkar, yang dihubungkan dengan sumber listrik (baterai). Adapun prinsip dari permainan ini yaitu apabila dua buah konduktor tersebut bersentuhan, maka arus listrik akan mengalir dan akan menyebabkan lampu pada rangkaian menyala sebagai tanda kekalahan dalam permainan.
Dengan terlaksananya program kegiatan ini, diharapkan dapat mengalihkan fokus anak terhadap kebiasaan bermain gadget, meningkatkan skill dan kesabaran anak, meningkatkan motorik halus anak, serta sebagai sarana hiburan yang berbasis edukasi. Selain itu, dengan adanya program kegiatan ini dapat meningkatkan pendidikan berkualitas seperti yang sudah tercantum pada Sustainable Development Goals (SDG’s) pada point ke-4.
Penulis : Dina Novitasari, Jurusan Fisika, Fakultas Sains dan Matematika Dosen Pembimbing : dr. Dodik Pramon, M.Si., Med Lokasi : Desa Sidorejo, Brangsonng, Kendal