Mahasiswa KKN UNDIP melakukan Pelatihan Microsoft Excel dan Edukasi Larangan Aplikasi/Game Online Bajakan & Bahaya Kecanduan Game Online

Whats-App-Image-2022-08-09-at-18-44-21

Wonosari, Ngaliyan(09/08). Sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat, sekaligus dalam rangka melaksanakan KKN Tim II tahun 2022, Salah Satu Mahasiswa Universitas Diponegoro Jurusan Ilmu Komputer tahun 2019, Jonathan Nicholas Sibarani dibantu teman-teman TIM II KKN Universitas Diponegoro 2022 Kelurahan Wonosari melakukan Pelatihan Microsoft Excel dan Edukasi Larangan Aplikasi/Game Online Bajakan & Bahaya Kecanduan Game Online yang dilaksanakan di SD Wonosari 01, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang pada hari Rabu (03/08) dan Kamis (04/08).

Sebelum melaksanakan program tersebut, mahasiswa terlebih dahulu melakukan koordinasi bersama dengan Bapak Sutekno selaku Kepala Sekolah SD Wonosari 01. Berdasarkan pengamatan dari hasil koordinasi yang dilakukan,didapati bahwa Siswa SD Wonosari 01 sama sekali belum mendapatkan dasar-dasar penggunaan Microsoft Excel dan edukasi mengenai hak cipta dari sebuah Aplikasi/Game Online serta Bahaya dari Game Online yang sering mereka mainkan. Oleh karena itu, untuk memberikan pelatihan pemanfaatan teknologi yang baik dan benar sejak dini, mahasiswa KKN UNDIP membantu untuk mewujudkannya.

Pelatihan Microsoft Excel dilakukan kepada siswa kelas 5A dan 5B, dan Edukasi Larangan Aplikasi/Game Online Bajakan & Bahaya Kecanduan Game Online dilakukan kepada siswa kelas 6A dan 6B.

Pelatihan Microsoft Excel perlu diterapkan sejak dini agar para siswa melek teknologi. Adapun yang dilatih kepada para siswa adalah dasar-dasar dari fungsi Microsoft Excel seperti “SUM, AVERAGE, operasi Aritmatika, COUNT, dan MIN MAX”.

IMG-20220803-105450

Pelatihan Microsoft Excel dengan kelas 5A

IMG20220803115159

Pelatihan Microsoft Excel dengan kelas 5B

Pelatihan ini dilakukan dengan memberikan kesempatan satu-persatu siswa untuk mencoba mempraktekkan fungsi-fungsi Microsoft Excel yang telah diajarkan sebelumnya.

Disamping itu, ada kehgiatan lain yang dilaksanakan yaitu Edukasi Larangan Aplikasi/Game Online Bajakan dan Bahaya Kecanduan Game Online. Hal ini perlu dilakukan karena masih kurangnya pemahaman siswa terhadap bagaimana seharusnya penggunaan waktu dalam bermain game online dan apa saja larangan yang harus diperhatikan. Edukasi ini dilakukan dengan menjelaskan tentang adanya Hak Cipta dari sebuah aplikasi/game online yang mengingatkan bahwa tidak diperbolehkannya menggunakan aplikasi/game online bajakan, dilanjut dengan materi bahaya kecanduan game online yang akan diderita jika sudah tidak mengenal waktu saat bermain game online. Terakhir, dilakukannya review dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa guna memastikan bahwa siswa menerima materi dengan baik dan benar.

IMG-1386

Edukasi Larangan Aplikasi/Game Online Bajakan dan Bahaya Kecanduan Game Online di kelas 6A

IMG-1380

Edukasi Larangan Aplikasi/Game Online Bajakan dan Bahaya Kecanduan Game Online di kelas 6B

Diharapkan dengan adanya pelatihan Microsoft Excel dan Edukasi Larangan Aplikasi/Game Online Bajakan & Bahaya Kecanduan Game Online ini bisa membantu siswa untuk melek terhadap teknologi dan memahami pengaturan waktu dalam bermain game online.

Penulis: Jonathan Nicholas Sibarani (Informatka/Ilmu Komputer 2019)

Editor/DPL: An’im Kafabih, SE., ME.

Lokasi : Kelurahan Wonosari, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang