Upaya Gerakkan Digitalisasi Produk UMKM Kelurahan Jangli

IMG-9496-1

Jangli, Semarang (24/07/2022) Pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) masa kini harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Pemasaran tak bisa lagi hanya mengandalkan toko konvensional, tapi harus merambah ke arah online. Ini karena perkembangan teknologi turut merubah gaya hidup masyarakat jadi lebih suka belanja lewat toko online, ketimbang mengunjungi langsung toko fisik. Beberapa UMKM di Desa gondá¾³ng enggan berubah ke pemasaran online dikarenakan susah dan ribet. Padahal perubahan itu sangat diperlukan untuk kelanjutan bisnis yang mereka jalani. Kebanyakan dari mereka sudah nyaman dengan hanya berjualan offline seperti biasanya. Adanya Program ini bertujuan agar masyarkat mampu berkembang dan mengikuti arus teknologi.
Seiring dengan berkembangnya teknologi, tren dalam dunia bisnis juga semakin beragam. Salah satunya adalah digital marketing. Dimana digital marketing khususnya bagi pelaku UMKM sangatlah penting dilakukan, sehingga kegiatan pemasaran tidak hanya dilakukan secara konvensional saja. Terlebih dimasa pasca pandemi Covid-19 ini, dengan melaksanakan digital marketing dapat menjadi salah satu kegiatan untuk meningkatkan usaha khususnya bagi pelaku UMKM. Contohnya dengan pemanfaatan media sosial seperti Instagram, dimana dapat menjalankan kegiatan pemasaran secara lebih efektif.
Namun, belum semua pelaku UMKM mengerti mengenai digital marketing dan masih belum paham bagaimana cara pengoperasian media yang ada terkhusus market place, dengan adanya acara sosialisasi bazar UMKM