Aksi Nyata TIM KKN UNDIP Demi Menuju Penurunan Angka Stunting dan Generasi Muda Bebas Narkoba

Whats-App-Image-2022-08-09-at-7-02-25-PM

Randusari, Semarang (15 Juli 2022) – Mahasiswa KKN Tim II UNDIP tahun 2022/2023 menjalankan program kerja multidisiplin mengenai edukasi berupa pemaparan meteri oleh mahasiswi kedokteran dan keperawatan dilanjutkan dengan post test untuk mengetahui penyerapan materi tentang Stunting. Program ini ditargetkan untuk ibu-ibu hamil dan orangtua balita di RT 05 Kelurahan Randusari.

Stunting merupakan salah satu masalah kesehatan yang terjadi di Indonesia. Definisi stunting menurut Kemenkes adalah masalah kurang gizi kronis yang ditandai dengan tubuh pendek. Penderita stunting umumnya rentan terhadap penyakit, memiliki tingkat kecerdasan dibawah normal serta produktivitas rendah. Prevalensi stunting di Indonesia berdasarkan data dari Kemenkes pada tahun 2019 tergolong kronis (di atas 20%) di angka 24,4% artinya 1 dari 4 anak Indonesia menderita stunting. Untuk mencegah terjadinya stunting pada anak-anak balita di Desa Kelurahan Randusari, diadakanlah edukasi mengenai Stunting.

Masa perkembangan anak dari kandungan sampai usia 3 tahun adalah masa penentu kecerdasan dan tumbuh kembang anak. Pemberian nutrisi yang lengkap dan seimbang pada masa ini akan memperbanyak pertumbuhan jumlah sel-sel otak anak. Semakin bagus kualitas percabangan sel-sel otak, dan semakin bagus fungsi sinaps antara sel-sel otak anak.

taz-2

FKK (Forum Kesejahtearan Keluarga) dipilih dengan tujuan agar dapat menjaring orang tua balita dan ibu-ibu hamil yang sedang melakukan pemeriksaan rutin. Program ini dimulai dengan edukasi mengenai stunting dengan materi definisi stunting, ciri-ciri stunting, penyebab/faktor stunting pada anak, dampak/akibat stunting, serta pencegahannya. Setelah itu dilakukan post test untuk mengetahui penyerapan materi tentang Stunting.

Dengan adanya penyuluhan mengenai stunting diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai bahaya stunting, sehingga dalam jangka panjang dapat menurunkan angka kejadian stunting di Kelurahan Randusari.

taz-3

Selain program stunting, mahasiswa KKN TIM II UNDIP juga melakukan sosialisasi terkait narkoba. Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan Obat-obatan terlarang. Bedanya narkotika dan psikotropika terdapat pada efek samping terhadap tubuh. Psikotropika berefek pada pikiran kehidupan mental kesadaran seseorang yang menyerang syaraf pusat sedangkan narkotika berefek pada gangguan relaksasi otot, pengurangan atau penghapusan kepekaan, bahkan menyebabkan hilangnya kesadaran. Narkotika memiliki 3 golongan yaitu golongan 1 adalah narkotika paling berbahaya yang mana daya adiktifnya sangat tinggi. Golongan ini digunakan hanya untuk penelitian dan ilmu pengetahuan. Contohnya ganja, heroin, kokain, morfin, opium. Selanjutnya ada golongan 2, yaitu golongan narkotika yang memiliki daya adiktif kuat tetapi bermanfaat bagi pengobatan dan penelitian sehingga dapat dikonsumsi tetapi dengan pengawasan ahli. Contohnya betametadol, benzetidin, petidin. Yang terakhir ada golongan 3, yaitu golongan narkotika yang memiliki daya adiktif ringan serta memiliki manfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya kodein dan turunannya.

Untuk psikotropika sendiri memiliki 4 golongan berdasarkan tingkat kekuatan daya adiktifnya. Golongan 1 memiliki daya adiktif paling kuat dan belum diketahui manfaat untuk pengobatan tetapi berguna untuk ilmu pengetahuan. Contohnya MDMA, LSD, STP dan ekstasi. Golongan 2 memiliki daya adiktif kuat serta berguna untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya amfetamin, metafetain, dan metakualon. Golongan 3 memiliki daya adiktif sedang serta berguna untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya burenorsina dan fleenitrazepam.

taz-4

Edukasi ini diawali oleh perizinan dengan kepala sekolah SMK Kristen Gergaji yang ada di Desa Randusari dan ditentukanlah waktu pada tanggal 13 Agustus 2022 yang bertempat di salah satu ruangan kelas di SMK tersebut. Sasaran kegiatan program sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba yaitu siswa/i di sekolah tersebut. Kegiatan yang dilakukan yaitu dimulai dengan pembagian pretest lalu dilanjut dengan penyampaian materi oleh mahasiswa KKN Tim II Undip tahun 2022/2023. Selanjutnya ada sesi tanya jawab serta games dengan hadiah bagi yang memenangkan games serta bertanya pada sesi tanya jawab.

Banyak pengguna obat-obatan ini yang awalnya tergoda merasakan kesenangan sesaat atau sebagai pelarian dari masalah yang dihadapi. Padahal, efek narkoba dapat merusak kesehatan secara fisik dan kejiwaan. Masa remaja adalah masa pencarian jati diri seseorang, pada masa ini anak memiliki emosi yang tidak stabil. Oleh karena itu, kami melakukan sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba dengan harapan agar tingkat pemakai narkoba di kalangan remaja semakin berkurang.

Penulis : Tazkiya Isma Husna
DPL : An’im Kafabih, S.E., M.E.
Lokasi : Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan