Kembangkan UMKM di Kelurahan Karangtempel, Mahasiswa KKN UNDIP Edukasikan Pemasaran Melalui Omni Channel
Semarang (09/08) UMKM berpartisipasi sebagai penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) nasional, hal ini mengantarkan Indonesia dalam pemulihan ekonomi. Berdasarkan pernyataan Bank Indonesia bahwa UMKM memiliki peranan penting dalam struktur perekonomian Indonesia dengan penyerapan kerja 97% dan berkontribusi terhadap PDB sebesar 60%. Hal ini tentunya menyadarkan kepada para masyarakat bahwasannya UMKM adalah penyelamat perekonomian Indonesia.
Untuk mendukung laju pembangunan UMKM dilakukan pemberian edukasi mengenai salah satu strategi pemasaran dengan omni channel. Mengingat bahwa pemasaran merupakan hal yang perlu dipahami dan dilakukan oleh para penggiat UMKM karena berguna dalam meminimalisir kerugian usaha mandiri dan meningkatkan pengenalan produk kepada lingkup yang lebih besar.

Melihat kesempatan tersebut, Yeni Restuti Cahyani, Program Studi Manajemen, salah satu Anggota Tim KKN II Universitas Diponegoro periode 2021/2022 memberikan edukasi mengenai pemasaran UMKM melalui omni channel kepada Ibu-ibu PKK RT 05 / RW 03 di Kelurahan Karangtempel, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang pada Sabtu (06/08/2022), pada Ibu-ibu PKK yang mengadakan acara arisan bulanan.


Kegiatan edukasi ini dilakukan dengan bantuan leaflet sebagai media pemberian informasi dan penjelasan umum mengenai pemasaran omni channel. Kegiatan ini bersesuaian dengan poin ke 1 dan 9 SDG’s tentang menghapus kemiskinan dan industri, inovasi dan infrastruktur.
“Edukasi pemasaran seperti ini menambah pengetahuan saya bahwa pemasaran ini tidak hanya pada beberapa saluran tetapi banyak saluran yang dihubungkan sehingga para pelanggan dapat mudah mengetahui informasi produk yang kita jual dan bagian mana saja yang dapat berguna sebagai transaksi”, ujar Bu Yustini setelah mengikuti kegiatan.
Dengan adanya program ini diharapkan warga kelurahan Karangtempel memiliki bekal yang cukup dalam pengetahuan pemasaran khususnya memulai membangun UMKM dengan pemasaran omni-channel.
Penulis : Yeni Restuti Cahyani
Editor : Abdi Sukmono, S.T., M.T