Ibu Tunda Imunisasi Karena Pandemi dan Anak Rewel?, Mahasiswa KKN Undip Sosialisasikan Pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap pada Anak

Kendal (15/7/2022) – Masa pandemi lalu memberikan dampak yang besar terhadap keberjalanan program kesehatan di Indonesia, termasuk Program Imunisasi Nasional. Pada umumnya, lingkup kerja pada anak mengalami penurunan. Banyak bayi dan anak yang belum melakukan imunisasi dikarenakan para ibu takut jika anak imunisasi di fasilitas kesehatan akan tertular virus Covid 19. Selain itu juga banyak yang memanfaatkan situasi tersebut agar anak tidak di imunisasi karena beranggapan jika anak di imunisasi, anak menjadi rewel sehingga orang tua tidak dapat bekerja.

Hal inilah yang mendorong Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNDIP, Alifia Dian Yusriana, dengan Dosen Pembimbing dr. Dodik Pramono, M.Si untuk melakukan penyuluhan terkait Pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap pada anak. Kegiatan tersebut dilakukan pada 15 Juli di RW 4 Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal. Kegiatan tersebut dirancang sebagai program Monodisiplin yang diadakan oleh Kelompok 6 Tim II KKN Undip.

imunisasi-1

Kegiatan edukasi mengenai Imunisasi Dasar Lengkap yang dilakukan bersama kader posyandu setempat. Bersamaan dengan kegiatan tersebut, dilakukan kegiatan pengukuran tinggi badan, berat badan dan lingkar kepala. Leaflet dipilih sebagai media yang digunakan dalam edukasi mengenai pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap. Setiap ibu mendapatkan sebuah leaflet untuk dibawa. Desain leaflet dibuat semenarik mungkin dengan warna yang beragam. Beberapa gambar juga ditambahkan untuk memudahkan informasi diserap oleh ibu – ibu. Sehingga, tujuan dari dilakukan penyuluhan ini dapat meningkatkan kesadaran ibu untuk dapat menerapkan imunisasi dasar lengkap kepada anaknya. Edukasi ini disambut baik oleh ibu – ibu RW 04 yang datang ke posyandu.

imunisasi-4

Seluruh ibu yang hadir pada kegiatan tersebut diberikan edukasi pentingnya pemberian imunisasi dasar lengkap pada anak. Penyampaian edukasi dilakukan secara edukatif dan lugas menggunakan media leaflet. Hal tersebut dilakukan agar nantinya ibu yang hadir dapat memberikan imunisasi dasar lengkap kepada anaknya. Dan tidak lagi takut atau beralasan anak rewel untuk tidak datang ke fasilitas kesehatan untuk imunisasi anak terutama pada masa pandemi seperti saat ini.

Imunisasi-5

Imunisasi pada anak penting untuk diberikan secara lengkap agar anak mendapatkan imunisasi atau kekebalan sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Karena manfaatnya sangat penting, anak tetap bisa memanfaatkannya dengan menerapkan protokol kesehatan yang baik sehingga orangtua tidak perlu takut untuk melakukan kegiatan Imunisasi. Lebih baik anak rewel sekarang daripada menyesal di kemudian hari.

Penulis : Alifia Dian Yusriana
DPL : dr. Dodik Pramono, M.Si
Lokasi : Desa Sidorejo, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal