Omzet UMKM ini Meningkat! Ini Dia Cara Brandingnya!

Sampangan, Semarang (06/08/2022) – Banyak orang ketika mendengar kata ‘branding’ langsung berpikir tentang logo. Namun, branding bukan hanya tentang logo saja. Dikarenakan saat ini kita sudah beralih ke zaman yang serba digital, maka salah satu cara branding yang paling mudah adalah melalui platform sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Tiktok.
Seiring dengan perkembangan platform tersebut, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sosial media adalah tempat yang paling baik untuk dijadikan sebagai salah satu tempat untuk memasarkan bisnis kita, terutama bagi UMKM. Melalui sosial media, pelaku UMKM bisa menjangkau berbagai macam orang. Mulai dari anak-anak, remaja, orang tua, hingga lansia, karena hampir semuanya memiliki akun sosial media.

S-33234958

Hal tersebut menarik keinginan salah satu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2021/2022 yaitu Andirra Salwa Alunia Putri dengan NIM 12030119120042, di bawah bimbingan Bapak Ari Wibawa Budi Santosa., ST., MT. untuk melakukan pendampingan di “Warung Makan Mas Ilham” yang terletak di Jalan Menoreh Raya No.35, Sampangan.
Pendampingan dilakukan pada hari Sabtu 6, Agustus 2022. Sebelumnya penulis telah berkunjung ke “Warung Makan Mas Ilham” pada hari Senin, 25 Juli 2022 untuk melakukan survey. Setelah melakukan survey, penulis mendapatkan ide terkait program yang akan dijalankan dan pada tanggal 6 Agustus 2022, penulis langsung melakukan pendampingan dan merecord video branding. Luaran program kerja ini berupa video konten branding yang di upload melalui Instagram penulis. Konten dibuat sangat menarik agar pelanggan atau target customer tertarik dan berkunjung serta membeli sajian dari “Warung Makan Mas Ilham” ini. Di dalam video tersebut berisi mulai dari alamat, menu, harga, hingga review dari penulis.

S-33234969

Pemilik “Warung Makan Mas Ilham” bernama Bapak Sarmo dan Ibu Sarmo sangat senang jika warung UMKM nya diliput dan dibagikan melalui sosial media. Beliau berharap setelah video branding ini dibagikan, omzet mereka dapat bertambah dan warung mereka tidak hanya dikenal di kalangan masyarakat sekitar Sampangan saja, melainkan seluruh masyarakat Kota Semarang.
Link Publikasi Video di Instagram : https://www.instagram.com/reel/ChCw4RelBji/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Penulis : Andirra Salwa Alunia Putri (FEB/Akuntansi-2019)
NIM : 12030119120042
Dosen Pembimbing : Ari Wibawa Budi Santosa., ST., MT.