Kreatif! Mahasiswa KKN UNDIP Atasi Stigma Matematika Sulit Dengan Media Pembelajaran Dadu Angka
Medan (09/08) – Matematika seringkali dianggap sebagai mata pelajaran yang menakutkan dan membosankan oleh semua orang, termasuk siswa/i yang masih duduk dibangku sekolah. Anggapan ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu : matematika dianggap membosankan, materi matematika dianggap sulit dipahami, dan materi matematika harus dipelajari secara berkesinambungan.
Melalui pemaparan diatas maka Nurul Hasanah Siregar, mahasiswa jurusan statistika, peserta KKN TIM II UNDIP 2021/2022, membuat program “edukasi statistika matematika dasar terutama materi 3M (Mean,Median,Modus) menggunakan media pembelajaran dadu angka”.
Kegiatan sosialisasi ini dilakukan di SDN 066650, Kelurahan Sudirejo I, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan. Kegiatan ini dilakukan secara massal bersama murid kelas 6 SDN 066650 dengan memperhatikan protokol kesehatan covid-19. Edukasi pembelajaran ini meliputi materi mean, median, dan modus dengan kasus nyata di kehidupan sehari murid SDN 066650. Pemberian kuis dan games dengan menggunakan dadu angka untuk mendapatkan data perhitungan mean,median, dan modus tersebut.
Siswa sangat antusias dengan sesi pembelajaran sambil bermain dadu angka. Kegiatan ini merupakan implementasi SDGs nomor 4 yaitu Quality Education atau Pendidikan Berkualitas. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu mengubah sudut pandang siswa akan matematika hal yang sulit menjadi perhitungan adalah hal yang menyenangkan serta mampu membantu siswa dalam memahami dan mempelajari matematika- statistika.
Penulis : Nurul Hasanah Siregar (24050119130122), Statistika, Fakultas Sains dan Matematika
Lokasi KKN : Kelurahan Sudirejo I, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan.
Dosen Pembimbing : Dr. Heni Rizqiati, S.Pt., M.Si.