KREATIF! Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Cara Membuat Pupuk Organik dari Limbah Cangkang Telur

Whats-App-Image-2022-08-09-at-8-27-53-PM

Sampangan, Kota Semarang (9/08/2022) Pencemaran terhadap lingkungan dapat terjadi di mana saja dan berdampak buruk bagi lingkungan. Salah satu pencemaran lingkungan disebabkan oleh limbah rumah tangga. Limbah rumah tangga merupakan bahan sisa yang dihasilkan dari aktivitas rumah tangga. Cara mengurangi limbah rumah tangga yaitu dengan memanfaatkan limbah menjadi sesuatu yang berguna.
Maka dari itu, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2021/2022 dibawah bimbingan Bapak Ari Wibawa Budi Santosa., ST., MT. memberikan edukasi dan pendampingan pembuatan pupuk organic yang berbahan dasar dari limbah cangkang telur. Tujuan dari program ini yaitu untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang berasal dari limbah rumah tangga. Kegiatan ini dilaksanakan secara door to door pada Senin, 9 Agustus 2022 mulai pukul 11.00 WIB sampai selesai di rumah warga Kelurahan Sampangan. Kegiatan ini diikuti oleh warga yang didatangi mahasiswa KKN Tim II yang berperan sebagai fasilitator dan pemateri.

Whats-App-Image-2022-08-09-at-8-27-52-PM-1

Pembuatan pupuk yang berbahan dasar cangkang telur dibuat dengan cara mencuci terlebih dahulu cangkang telur, kemudian cangkang telur di jemur yang berfungsi untuk mempermudah saat penumbukan, setelah itu cangkang ditumbuk setengah halus atau halus, dan cangkang telur sudah dapat digunakan sebagai pupuk organic dengan cara menaburkan pada tanah yang terdapat tanaman. Adapun luaran dari kegitan ini yaitu berupa video pembuatan, poster cara membuat pupuk dari cangkang telur, dan produk berupa pupuk organic dari limbah cangkang telur.

Beige-Minimalist-Aesthetic-Hello-August-Instagram-Post-1
Whats-App-Image-2022-08-09-at-10-07-20-PM

Penulis:
Andria Frisca Sari Dewi
Progran Studi Peternakan
Fakultas Peternakan dan Pertanian
Universitas Diponegoro
KKN TIM II Universitas Diponegoro
Dosen Pembimbing Lapangan: Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.T.