Orang Tua Pusing Produktivitas Anak Menurun? Art Therapy Jadi Solusinya!!!
Sampangan, Semarang (09/08) – Mahasiswa Tim II KKN Undip 2021/2022, Azalia Puteri Syavira melakukan program kerja monodisiplin yaitu Edukasi Kepada Orangtua Mengenai Pentingnya Produktivitas Anak Dengan Art Therapy “Gerakan Peduli Anak Dengan Terapkan Art Therapy”. Pada era industri 4.0 semua generasi dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan dan perubahan yang ada, khususnya pada teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat dan semakin canggih. Kenyataannya hingga saat ini terlihat bahwa gadget tidak hanya dipergunakan untuk orang dewasa atau orang lanjut usia tetapi di kalangan anak-anak hingga remaja dan ironisnya lagi gadget juga mulai digunakan oleh anak-anak yang berusia 3-6 tahun yang mana usia tersebut masih terbilang awam untuk menggunakan gadget. Salah satunya di PAUD Puspitasari RW 03, Kelurahan Sampangan Kecamatan Gajahmungkur RW banyak terdapat orang tua yang membiarkan anaknya menggunakan gadget secara berlebihan tanpa adanya pengawasan.Hal tersebut juga membuat produktivitas anak-anak di usia tersebut menurun karena seharusnya bermain dengan kawan sebayanya dan eksplorasi diri di lingkungannya.
Permasalahan yang terjadi menurut ibu Santi Supono selaku pengurus atau guru yang mengajar di PAUD Puspitasari membahas terkait masih banyak ditemukannya anak-anak yang sering bermain dengan gadget tanpa diawasi oleh orangtua sebagaimana mestinya. Hal ini menjadikannya fokus program kerja yang akan saya lakukan yaitu edukasi dengan menjaga produktivitas anak melalui Art Therapy. Adanya program ini turut berdampak bagi orang tua untuk anaknya yang sesuai dengan poin SDGs (Sustainable Development Goals) ke-4, dimana dengan memastikan pendidikan yang inklusif akan dapat mengurangi pemakaian gadget bagi anak dan juga meningkatkan produktivitas anak seusianya untuk berkembang dengan belajar dan bermain.
Pada hari Kamis (21/07) mahasiswa KKN Tim II Undip dibawah bimbingan bapak Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.T., melaksanakan program kegiatan yang menjadi solusi dari permasalahan di PAUD Puspitasari RW 03. Dengan judul “Edukasi kepada Orang tua Mengenai Pentingnya Produktivitas Anak Dengan Art Therapy, Gerakan Peduli Anak dengan Terapkan Art Therapy” program ini bertujuan untuk metode berkreasi dengan mengekspresikan dirinya agar menjadi anak yang percaya diri, terbuka, serta menyalurkan ide atau aspirasinya terhadap emosi yang dirasakannya menjadi karya seni, serta meningkatkan produktivitas anak-anak di masa usia dininya. Kegiatan ini dilaksanakan di PAUD Puspitasari RW 03 Kelurahan Sampangan yang dihadiri oleh orang tua dan juga anak-anak serta guru yang mengajar. Pelaksanaan program ini diawali dengan mengikuti kegiatan bersama anak-anak dengan menyanyi dan menari bersama, setelah itu dilanjut dengan memberikan fasilitas kreasi pada anak-anak berupa tempat pensil, cat acrylic, dan kuas yang digunakan untuk anak-anak melukis dan menciptakan hasil karyanya sendiri serta dilanjut pemberian dan penjelasan mengani edukasi “Gerakan Peduli Anak dengan Terapkan Art Therapy”, leaflet kepada orang tua yang berisi penjelasan art therapy, pentingnya art therapy bagi produktivitas anak, hingga contoh apa saja art therapy yang dapat diterapkan untuk anak dalam kehidupan sehari-hari untuk menjauhi pemakaian gadget yang berlebihan. Penjelasan tersebut sudah tercantum dalam satu leaflet yang diedukasikan kepada orang tua di PAUD Puspitasari RW 03 Kelurahan Sampangan.
Harapan masyarakat dengan adanya program ini mampu membantu anak-anak untuk menyalurkan ide atau aspirasinya ke dalam suatu karya seni yang indah dan bermanfaat untuk digunakan sehari-hari. Selain itu juga orang tua dapat mengerti mengenai pentingnya produktivitas anak dalam usia dininya untuk tidak bergantung dengan gadget yang berlebihan dan kurang sosialisasi kepada teman sebayanya.
Penulis:
Azalia Puteri Syavira
Fakultas Psikologi
Universitas Diponegoro
TIM II KKN Universitas Diponegoro 2021/2022
Dosen Pembimbing Lapangan: Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.T.