VIRAL! DESAIN LEMARI TAMAN BACA INI MEMBUAT WARGA KAMPUNG KOSONG MELEK LITERASI!

Membeli, membuka, dan membaca buku merupakan salah satu aktivitas yang paling jarang dilakukan oleh anak zaman sekarang. Hal ini diakibatkan oleh maraknya penggunaan gadget dan media sosial yang lebih menarik bagi mereka. Belum lagi angka literasi Indonesia berada di peringkat 71 dari 77 negara di dunia menurut studi Programme for International Student Assessment (PISA) pada 2018 lalu.

Maka dari itu, untuk membantu dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Nomor 4, mengenai Pendidikan Bermutu, kami mahasiswa KKN Undip mendirikan Taman Baca sebagai program kerja. Oleh karena itu, dibutuhkan lemari yang dapat menampung buku-buku dan bersifat ergonomis bagi anak-anak. Lemari Taman Baca diharapkan dapat mudah diraih oleh anak-anak dalam proses baca membaca.

Program inovasi desain yang dilakukan oleh mahasiswi KKN ini dilakukan dengan bantuan software Solidworks. Ergonomi juga diperhatikan dalam proses pembuatan desain. Setelah proses desain, lemari kemudian dibuat menggunakan kayu berkualitas dan dihias agar dapat menarik bagi anak-anak.

Gambar-1-Program-Inovasi-Desain-Lemari-Buku-untuk-Taman-Baca

Gambar 1 Program Inovasi Desain Lemari Buku untuk Taman Baca

Diharapkan dengan adanya lemari taman baca ini dapat membuat warga Kampung Kosong, khususnya anak-anak tertarik membaca dan dapat mengimplementasikannya setiap hari.

Penulis: Iravaty Amalia Amanda (S1 Teknik Industri)
DPL: Karnoto, S.T., M.T.
Lokasi: Kampung Kosong, Kelurahan Panunggangan, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang

#KKNTimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip