Pembukuan Mudah dengan Aplikasi BukuKas, Era Digitalisasi UMKM Kelurahan Tlogomulyo

KKN-1 Gambar 1. Mahasiswi UNDIP Melakukan Sosialisasi Digitalisasi UMKM kepada Warga Pemilik UMKM di Kelurahan Tlogomulyo (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Tlogomulyo, (29/07/2022) Era digitalisasi masih berlangsung seiring berjalannya waktu. Aktivitas ekonomi pun tidak terlepas dari fenomena ini, membuat sejumlah perubahan harus dilakukan agar tidak ketinggalan zaman. Setiap UMKM membutuhkan pembukuan, sayangnya masih banyak yang belum mengetahui urgensi pembukuan untuk usahanya. Hal ini disebabkan sulit dan kompleksnya pembukuan bagi pelaku UMKM.

Pembukuan secara mudah dapat dilakukan secara digital, yaitu dengan aplikasi BukuKas. BukuKas adalah aplikasi pembukuan bisnis UMKM yang memudahkan pencatatan transaksi keuangan usaha sehari-hari. BukuKas dilengkapi dengan fitur mode kasir yang terintegrasi dengan persediaan, transaksi dapat dicatat secara lebih mudah dan cepat sesuai produk yang terjual. Dengan aplikasi ini, pelaku UMKM dapat mengetahui keuntungan per transaksi dan persediaan yang lebih terkendali. Pelaku UMKM juga dapat mengunduh laporan keuangan sesuai periode yang diinginkan.

Mahasiswi Universitas Diponegoro (UNDIP) yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Tlogomulyo, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, melaksanakan Sosialisasi Digitalisasi UMKM dengan topik pembukuan sebagai salah satu pokok bahasan utama. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pelaku UMKM akan pentingnya pelaksanaan digitalisasi pembukuan dan memahami penggunaan aplikasi BukuKas untuk diterapkan dalam keberlangsungan bisnisnya.

Setelah sosialisasi ini berlangsung, Mahasiswi KKN UNDIP tetap melakukan pelatihan dan pendampingan secara door-to-door. Pelatihan yang dilakukan bersifat lebih rinci terkait teknis penggunaan aplikasi BukuKas dalam melakukan pencatatan transaksi sehari-hari. Kegiatan ini mendapat respon positif yang ditandai dengan tingginya tingkat partisipasi dan antusiasme pelaku UMKM Kelurahan Tlogomulyo. Dengan dilaksanakan program tersebut diharapkan masyarakat Kelurahan Tlogomulyo, khususnya pelaku UMKM mendapatkan tambahan wawasan baru mengenai pembukuan mudah secara digital untuk meningkatkan efektivitas operasional usaha masing-masing.

669726 Gambar 2. Pelatihan dan Pendampingan Pembukuan dengan Aplikasi BukuKas secara Door-to-door (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

DPL : Dr. Rr. Karlina Aprilia Kusumadewi, S.E., M.Sc., Akt.
Lokasi : Kel. Tlogomulyo, Kec.Pedurungan
Nama mahasiswa : Nurul Khalishah Azzahra
Fakultas : FEB/Akuntansi