Atasi Stunting, Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Warga Buat Makanan Bergizi Sendiri

photo-2022-08-10-00-18-22

Karangrejo, Semarang (30/07) – Stunting adalah kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi di seribu hari pertama kehidupan anak. Kondisi ini berefek jangka panjang hingga anak dewasa dan lanjut usia. Kekurangan gizi sejak dalam kandungan mengakibatkan pertumbuhan otak dan organ lain terganggu, yang mengakibatkan anak lebih berisiko terkena diabetes, hipertensi, dan gangguan jantung. Pertumbuhan otak yang tak maksimal juga menyulitkan anak bertanggung jawab atas hidupnya sendiri kelak.

Mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) menaruh perhatian khusus terhadap permasalahan stunting di Kelurahan Karangrejo Kecamatan Gajah Mungkur, Kota Semarang terutama di RW 04, yang saat ini menjadi perhatian berbagai pihak, menjadi alasan utama KKN TIM II Universitas Diponegoro Kelurahan Karangrejo membuat program edukasi kelas memasak pengolahan dan pembuatan makanan bergizi kepada ibu-ibu di RW 04.

photo-2022-08-10-00-17-53

Melihat kondisi nyata adanya stunting di Kelurahan Karangrejo khususnya di RW 04 ini, Kelompok Mahasiswa KKN UNDIP dengan Dosen Pembimbing Lapangan Ari Wibawa Budi Santosa, ST., M.Si yang sedang melaksanakan Kegiatan KKN di Kelurahan Karangrejo ingin memperbaiki kondisi tersebut dengan lebih memperhatikan makanan bergizi yang diberikan kepada anak-anak/balita, dan ibu hamil.

Dengan adanya permasalahan itu, pada hari Sabtu (30/07/2022) sekitar pukul 15.30 WIB mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro melakukan edukasi cara membuat dan mengolah makanan bergizi yang dilaksanakan di Pendopo RW 04 bersama warga setempat untuk mengajak dan mengedukasi pencegahan stunting melalui pembuatan dan pengolahan makanan bergizi. Hal tersebut diawali dengan demonstrasi cara mengolah dan membuat makanan bergizi kepada ibu-ibu RW 04. Kemudian hasil demonstrasi masakan dibagikan kepada ibu-ibu tersebut. Hal ini disambut baik oleh ibu-ibu yang datang pada saat kegiatan berlangsung. Tujuan kegiatan tersebut yakni untuk mengajarkan dan mengedukasi ibu-ibu agar dapat mengolah dan membuat suatu bahan makanan yang bergizi.

photo-2022-08-10-00-18-17

photo-2022-08-10-00-18-27

Dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro tersebut dapat diharapkan masyarakat Kelurahan Karangrejo khususnya di RW 04 menjadi lebih paham dalam mengolah makanan bergizi untuk kebutuhan anak-anak dan ibu hamil dalam mencegah permasalahan stunting sehingga dapat terhindar dari bahaya stunting dikemudian hari.

Penulis : Bobby Rizqi Febrianto (Perikanan Tangkap), Fidela Ridani Hidayat (Ilmu Keperawatan), Irvany Dwi Prasetyo (Teknik MEsin), Janyce Frisca Vinondang (Hubungan Internasional), Kenny Jonathan (Kimia).