KKN TIM II UNDIP Ajak Generasi Muda untuk Kupas Tuntas Narkoba di Lingkungan Sekolah

photo-2022-08-10-00-22-46

Karangrejo, Semarang (02/08) – Narkoba menjadi suatu permasalahan yang sudah menjadi hal yang sangat di khawatirkan di negara Indonesia khususnya di lingkungan sekolah. NARKOBA merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif lainnya yang didefinisikan sebagai bahan atau zat yang dimasukkan ke dalam tubuh seseorang dengan berbagai cara seperti diminum, dihirup, atau disuntikkan. Semua hal tersebut dapat diketahui sebagai suatu hal yang buruk bagi tubuh manusia dan sangat merugikan dari fisik, mental, dan lingkungan sekitar bagi yang terdampak narkoba. Berdasarkan Badan Narkotika Nasional angka penyalahgunaan Narkoba di kalangan pelajar di tahun 2018 (dari 13 ibukota provinsi di Indonesia) mencapai angka 2,29 juta orang. Salah satu kelompok masyarakat yang rawan terpapar penyalahgunaan narkoba adalah mereka yang berada pada rentang usia 15-35 tahun atau generasi milenial. Maka dari itu kita perlu berhati-hati dan mewaspadai dari adanya narkoba di lingkungan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP melaksanakan program Kupas Tuntas Narkoba. Program ini merupakan suatu kegiatan yang bertujuan melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi mengenai bahaya dari adanya narkoba dan dampak buruk dari narkoba di kalangan remaja di lingkungan sekolah Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Gajahmungkur dengan Dosen Pembimbing Lapangan Ari Wibawa Budi Santosa, ST., M.Si. Program ini dilaksanakan di SMPN 11 Semarang Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Gajahmungkur pada hari Selasa, 02 Agustus 2022. Kegiatan diawali dengan bertemu pihak sekolah untuk melakukan kordinasi dan dilanjutkan dengan masuk ke kelas untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi mengenai narkoba. Sosialisasi yang diberikan berupa penjelasan mengenai apa itu narkoba, dampak yang diberikan dari narkoba, undang-undang tentang narkoba, dan gejala yang ada pengguna narkoba.

Kegiatan ini juga memberikan games pertanyaan kepada siswa dalam bentuk kartu yang dimana kartu tersebut menjadi suatu jawaban dari pertanyaan yang diberikan. Games tersebut juga diberikan suatu apresiasi berupa hadiah kepada siswa untuk meningkatkan semangat antusias dan dapat menjadi suatu pemahaman bagi mereka terkait narkoba. Games ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai hal-hal yang berkaitan dengan narkoba.

Dengan dilaksanakannya program ini, dapat diharapkan para remaja khususnya di kalangan siswa SMPN 11 Semarang dapat memahami pentingnya menjauhi narkoba dan dampak buruk yang ada dari narkoba.

photo-2022-08-10-00-22-58

Penulis :
Bobby Rizqi Febrianto (Perikanan Tangkap), Fidela Ridani Hidayat (Ilmu Keperawatan), Irvany Dwi Prasetyo (Teknik MEsin), Janyce Frisca Vinondang (Hubungan Internasional), Kenny Jonathan (Kimia).

DPL :
Ari Wibawa Budi Santosa., ST., MT NIP. 197503252003121002