Edukasi mengenai Bantuan Hukum “Gratis” oleh Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Di Kelurahan Gedawang

Semarang (27/7). Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro 2021/2022 melakukan rangkaian kegiatan edukasi mengenai pemahaman tentang cara mendapatkan bantuan hukum secara gratis dari Lembaga bantuan hukum terhadap warga RW 07 Kelurahan Gedawang. Pemberian edukasi ini dilakukan berdasarkan hasil survey yang dilakukan terkait permasalahan yang kerap menjadi perbincangan di kalangan RW 07 sendiri yaitu terhadap masyarakat yang menghadapi kasus hukum
Edukasi tersebut diberikan oleh Dahlia Juana Putri Natalia sebagai mahasiswa Fakultas Hukum UNDIP yang sedang melaksanakan KKN di Kelurahan Gedawang sebagai program kerja monodisiplin dengan peserta edukasi sekitar 30 orang yang merupakan Ibu PKK di RW 07 Kelurahan Gedawang. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan pertemuan rutin PKK bulanan di rumah warga.

reportase-2-1

Kegiatan edukasi ini bertujuan untuk memberikan tambahan ilmu mengenai apa yang dimaksud dengan Bantuan Hukum, siapa saja yang berhak mendapatkan bantuan hukum secara gratis, bentuk bantuan hukum apa saja yang dapat diberikan dan bagaimana cara mendapatkan batuan hukum tersebut. Edukasi mengenai bantuan hukum ini sendiri dilakukan dengan cara sosialisasi kepada peserta secara langsung dengan menjelaskan baik secara umum ataupun secara rinci mengenai lingkup bantuan hukum. Antusias yang diberikan warga terhadap keberjalanan edukasi ini terbilang sangat baik terlihat dalam sesi tanya jawab yang dilakukan setelah pemberian materi oleh Mahasiswa KKN. Untuk mempermudah pemahaman lebih lanjut setelah adanya kegiatan edukasi ini, peserta diberikan leaflet yang berisi pemahaman mengenai bantuan hukum.

reportase-2-2

Setelah keberjalanan program ini, diharapkan masyarakat dapat memahami mengenai bantuan hukum secara gratis kepada masyarakat dan bagaimana cara mendapatkannya, serta dapat membantu masyarakat yang sedang berhadapan dengan hukum itu sendiri di lingkungan RW 07 Kelurahan Gedawang.