Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Edukasi Digital Marketing UMKM melalui Google My Business

Mahasiswa KKN TIM II melakukan rangkaian kegiatan program mengenai promosi produk yang bertema “Program Pelatihan Google My Business dan media promosi pada pelaku UMKM guna meningkatkan penjualan”

Setiap tahun banyak masalah perekonomian yang timbul terlebih lagi mengharuskan tentang adaptasi pembiasaan baru sektor ekonomi di era digital. Terdapat banyak UMKM yang sedang berkembang di Desa Raci. Namun dari sekian banyak UMKM masih belum banyak yang memanfaatkan teknologi informasi khususnya bagi operasional UMKM. Banyak pelaku UMKM masih menggunakan cara sederhana dan konvensional.Pentingnya digital marketing dalam dunia promosi untuk dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan mereka agar dampak peningkatan ekonomi dapat dirasakan oleh pelaku UMKM.

Melalui edukasi pemanfaatan Google My Business sebagai media promosi UMKM adalah salah satu alat promosi produk dan jasa melalui digital marketing. Promosi produk dan jasa UMKM dapat dikenal luas dan dapat dijangkau oleh siapapun. Sehingga, diharapkan dengan adanya promosi yang luas dapat meningkatkan penjualan dan penghasilan pelaku UMKM.

Pada program dilakukan sosialisasi dan pelatihan mengenai pemanfaatan platform Google My Business sebagai media promosi bagi UMKM yang ada di Desa Raci. Pelatihan dilakukan secara luring di rumah Ketua RT setempat dan melibatkan beberapa UMKM yang ada di Desa Raci. Tindak lanjut dari program ini diantaranya dengan melakukan pemantauan secara berkala untuk mengetahui progress penggunaan aplikasi Google My Business.

Penulis : Shafira Dikla Wijaya
Editor : DPL Ocid Mursid,S.T.,M.T.
Lokasi : Desa Raci, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati