KREATIF! MAHASISWI KKN UNDIP AJARI ANAK-ANAK DI DESA BEBEL MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS MENJADI AQUASCAPE YANG CANTIK

Whats-App-Image-2022-08-09-at-7-44-17-AM

Pekalongan (05/08/2022), Mahasiswi KKN TIM II UNDIP 2022 melaksanakan kegiatan monodisiplin yaitu pemanfaatan toples plastik bekas menjadi aquascape sederhana atau aquascape dalam toples bersama dengan anak-anak TPQ An-Nur di Desa Bebel. Salah satu mahasiswa yang melaksanakan program tersebut adalah Dewi Masitoh (21), mahasiswa Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro. Aquascape memiliki arti sebagai sebuah seni menciptakan suatu pemandangan di dalam air menggunakan media akuarium. Jika umumnya akuarium hanya berfokus pada keindahan ikan-ikan yang hidup di dalamnya, maka aquascape berfokus pada kehidupan ekosistem yang seimbang antara ikan, tumbuhan air, dan hewan lain seperti udang dan keong secara kompleks.

Pelatihan ini memanfaatkan toples plastik bekas sebagai media yang dapat diolah menjadi pengganti dari akuarium. Pengelolaan sampah yang berkelanjutan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab atas konsumsi dan produksi yang telah dilakukan (SDGs 12).Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepedulian terhadap sampah plastik, terutama botol plastik bekas. Selain itu, Pembuatan aquascape menggunakan bahan bekas bertujuan agar masyarakat di Desa Bebel menciptakan hal baru untuk mengurangi tingkat stress dikala pandemi. Peserta pelatihan ini berjumlah 15 orang anak-anak TPQ dengan tingkat usia yang berbeda. Kegiatan monodisiplin ini dilakukan di ruang kelas TPQ An-Nur Desa Bebel pada pukul 14.00 – 17.00 WIB.

Whats-App-Image-2022-08-09-at-7-44-17-AM-1

Pelaksanaan program ini dilakukan dengan pelatihan langsung pembuatan aquascape sederhana, kegiatan monodisiplin ini juga mengenalkan mengenai materi tentang menjaga kelestarian alam dan prospek atau peluang usaha yang bisa didapatkan melalui penjualan produk daur ulang sampah plastik menjadi aquascape yang dapat dijual dan menguntungkan.
Keterlibatan partisipan dalam sosialiasi ini sangat aktif dilihat dari antusiasme yang tinggi dan suasana yang komunikatif dalam mengikuti rangkaian kegiatan ini. Peserta diberikan kesempatan untuk mencoba membuat aquascape secara langsung dari alat dan bahan-bahan yang telah disediakan. Setelah selesai, hasil karya para peserta dapat dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Whats-App-Image-2022-08-09-at-7-44-14-AM

Penulis: Dewi Masitoh – 26020119130126
DPL: Desyta Ulfiana, S.T, M.T.

#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip