Gerakan Anak Sadar Literasi Digital Sebagai Fondasi Bermedia Digital

Whats-App-Image-2022-08-10-at-14-38-11-2

Tawangsari (24/7) Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro melakukan Sosialisasi mengenai literasi digital kepada anak – anak di Panti Asuhan Eunike yang berada di Kelurahan Tawangsari, Kecamatan Semarang Barat.

Program Gerakan Anak Sadar Literasi Digital merupakan dasar bagi anak – anak khususnya yang sudah memasuki usia remaja dan usia remaja untuk dapat menggunakan internet dan media sosial dengan baik dan benar. Literasi digital sendiri diartikan sebagai kecakapan menggunakan internet dan media digital. Adanya program ini dilatarbelakangi karena masih banyak masyarakat Indonesia yang kurang cakap dalam bermedia digital. Berdasarkan Hasil survei Katadata Insight Center (KIC) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menunjukkan bahwa masih terdapat masyarakat yang menyebarkan informasi bohong atau hoax. Sebanyak 11,9% responden mengakui telah menyebarkan berita hoax pada 2021. Kemudian, pada tahun 2021 tahun 2021, Kementerian Kominfo menerima laporan aduan penipuan transaksi online sebanyak 115.756 laporan. Terakhir, pada tahun 2020 masyarakat Indonesia juga dinobatkan sebagai netizen paling tidak sopan di Asia Tenggara berdasarkan survey yang dilakukan oleh Digital Civility Index (DCI).

Melihat hal tersebut, perlu ada perbaikan kecakapan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia dalam bermedia digital. Program ini bermaksud untuk memberikan sosialisasi sekaligus edukasi kepada anak – anak di panti asuhan Eunike agar dapat memiliki kecakapan dalam bermedia digital. Mengingat, dunia digital akan terus berkembang setiap tahunya sehingga kemampuan bermedia digital menjadi sangat esensial kedepan nya . Program ini juga sesuai dengan SDG no 4 mengenai pendidikan berkualitas dimana membentuk sikap dan kecakapan anak – anak bangsa di dalam bermedia digital. Selain itu, program ini sejalan dengan program pemerintah yang menargetkan pada 2024 ada 50 juta orang yang sudah ter literasi digital.

Whats-App-Image-2022-08-06-at-16-28-39

Acara ini dilaksanakan di Panti Asuhan Eunike pukul 13.00 dihadiri oleh 10 anak dari jenjang SMP hingga Kuliah. Jumlahnya memang tidak cukup banyak karena mayoritas yang ada di panti asuhan ini berada di jenjang sekolah dasar. Bapak Jiver selaku salah satu mentor di Panti Asuhan Eunike mengatakan ‚Äúsosialisasi ini sangat edukatif bagi anak – anak panti asuhan, topik ini memang tergolong baru bagi mereka, namun diharapkan dengan adanya sosialisasi ini anak – anak dapat lebih bijak dalam bermedia sosial”. Pada pelaksanaan program ini tidak hanya melakukan sosialisasi tetapi juga memberikan leaflet supaya menjadi bahan ajar dan sekaligus sebagai tanda telah belajar mengenai literasi digital. Di dalam pelaksanaan acara, dapat dikatakan sangat lancar dan anak – anak yang menghadiri cukup antusias. Adanya antusias yang dimiliki oleh anak – anak ini diharapkan dapat menyerap materi yang diberikan sehingga dapat bermanfaat bagi mereka kedepannya.

Penulis: Axell Matthew Kristiawan Ilmu Pemerintahan 2019
DPL: Rosa Amalia, S.Pi, M. Si.
Lokasi KKN: Kelurahan Tawangsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah