Makin inisiatif! Mahasiswa KKN Undip bantu Kelurahan Jomblang susun Prosedur Komponen Pelayanan Administrasi di Wilayah Kelurahan Jomblang
Semarang (10/8), Alvita Widyaningtyas, selaku peserta Tim II KKN Undip 2021/2022 Kelurahan Jomblang, telah menyelesaikan penyusunan Prosedur Komponen Pelayanan Administrasi di wilayah Kelurahan Jomblang. Program ini sesuai dengan SDGs poin ke-16 yakni Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Kuat, tepatnya pada target kesepuluh yakni menjamin akses publik terhadap informasi dan melindungi kebebasan mendasar, sesuai dengan peraturan nasional dan kesepakatan internasional.
Persiapan program penyusunan prosedur dilakukan secara bertahap, diawali dengan observasi dan konsultasi bersama Perangkat Kelurahan mengenai kebutuhan internal kelembagaan di Kantor Kelurahan Jomblang. Kemudian, disepakati bahwa kantor kelurahan Jomblang belum mempunyai output yang berisikan semua informasi mengenai prosedur komponen pelayanan administrasi yang dapat diurus di kantor kelurahan tersebut. Maka, kemudian, perangkat kelurahan memberikan saran agar mahasiswi KKN membantu dalam penyusunan prosedur tersebut secara lengkap.
Konsultasi bersama Pak Nur Ikhsan selaku Kepala Seksi Pemerintahan dan Pembangunan terkait kebutuhan internal kelembagaan
Mahasiswi pun menghimpun informasi berdasarkan Peraturan Wali Kota Semarang No 50 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kelurahan Kota Semarang, kemudian mengelola informasi tersebut ke dalam sebuah tabel padu, dan terakhir dimasukkan ke dalam desain media x-banner yang telah disiapkan. Di dalam x-banner tersebut, telah dijelaskan secara terperinci terkait persyaratan; sistem, mekanisme, dan prosedur; jangka waktu penyelesaian; biaya/tarif pelayanan; hingga produk/output pelayanan dari ke seluruh 24 jenis komponen pelayanan administrasi yang dapat diajukan dan diurus di Kantor Kelurahan Jomblang.
Dengan disusunnya prosedur komponen pelayanan administrasi secara lengkap, diharapkan masyarakat kelurahan Jomblang memiliki literasi dan/atau pemahaman tambahan mengenai apa-apa saja yang perlu dan harus disiapkan dikala memperoleh suatu pelayanan di lingkup Kelurahan Jomblang.
Dokumentasi bersama Kasi PP setelah pemasangan x-banner di sebelah loket pelayanan
Pemasangan x-banner dilakukan tepat di sebelah loket pelayanan Kelurahan Jomblang, sehingga mendapat apresiasi dari perangkat kelurahan beserta masyarakat yang kebetulan hadir untuk memperoleh pelayanan pada hari tersebut.
Penjelasan singkat kepada pengguna layanan terkait program yang telah dilakukan
Penyusunan prosedur komponen pelayanan administrasi mendapat tanggapan positif dari perangkat kelurahan yakni Bapak Nur Ikhsan selaku Kepala Seksi Pembangunan dan Pemerintahan yang beranggapan bahwa dengan diadakannya program ini dapat meningkatkan komunikasi dan transparansi antara pihak perangkat kelurahan selaku penyedia dengan masyarakat selaku pengguna layanan. Serta, diakui oleh salah satu masyarakat Kelurahan Jomblang yakni Mas Genta selaku Anggota Karang Taruna bahwa program ini cukup efektif terutama dalam membantu masyarakat mengurus dokumen-dokumen terkait dikarenakan prosedur sudah dibuat secara tertulis dan jelas.
Tampilan Prosedur Komponen Pelayanan Administrasi menggunakan media x-banner
Penulis: Alvita W. (Administrasi Publik – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)
Editor: Hendrik A. S.