WOW, INOVATIF! Mahasiswa KKN Undip Gunakan Bawang Putih sebagai Pestisida

Sriwedari, Pati (29/07/2022). Akhir-akhir ini harga hasil pertanian hortikultura melambung tinggi akibat serangan hama dan jamur. Tak pandang wilayah, pertanian di Desa Sriwedari pun mengalami hal yang sama. Ide cemerlang muncul dari pemikiran mahasiswa KKN Universitas Diponegoro di Desa Sriwedari, yaitu melakukan program kerja dengan memanfaatkan bawang putih sebagai pestisida alami.

Program kerja tersebut diawali dengan sosialisasi kepada dua orang warga/petani mengenai cara pembuatan biopestisida dari bawang putih pada pagi hari di rumah salah satu warga/petani. Stakeholders yang terlibat memang terbatas, mengingat kondisi saat ini yang masih di era pandemi Covid-19. Perlu diketahui bahwa bawang putih memiliki kandungan senyawa yang bersifat toksik bagi hama, seperti allicin, tanin, alkaloid, minyak atsiri, saponin, flavonoid, dan sulfur serta memiliki sifat fungisida alami. Oleh karena itu, bawang putih dapat digunakan sebagai pengendali hama dan jamur alami.

Video-Capture-20220810-175332

Cara pembuatannya cukup mudah, yaitu sebanyak 5 umbi bawang putih tanpa kulit dihaluskan bersama 0.5 liter air, lalu dibiarkan setidaknya selama 6 jam. Setelah itu, campuran tersebut ditambahkan 2 sendok teh sabun cuci piring dan diaduk kemudian disaring. Hasil saringan dapat disimpan dan jika akan digunakan perlu diencerkan terlebih dahulu dengan perbandingan 1:4. Setelah kegiatan sosialisasi, sore harinya warga/petani diajak untuk praktik secara langsung menyemprotkan biopestisida yang telah dibuat ke tanaman yang terserang hama ataupun jamur.

20220805-154151

Menurut warga/petani yang mengikuti kegiatan tersebut, pembuatan biopestisida menjadi inovasi baru yang murah, mudah, dan efisien. Warga/petani berharap biopestisida tersebut dapat bekerja secara efektif untuk membasmi hama dan jamur yang menyerang tanaman sehingga dapat menolong hasil panen nantinya.

Author : Amelia Rifka Yunita (Biologi-Sains dan Matematika)
Dosen Pembimbing Lapangan: Ocid Mursid, S.T., M.T.