Kreatif! Tingkatkan Literasi Sekaligus Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak, Mahasiswa Undip Ciptakan Buku Cerita Berbahasa Inggris Disertai Kamus Mini


Foto: Foto Bersama dengan Anak-anak Tingkat Sekolah Dasar di RT 2/RW 4 Kelurahan Purwosari seusai kegiatan “RELEASE” (Read and Learn English)
(sumber: dokumentasi pribadi)

Kudus(24/7/22) – Bahasa Inggris bukan lagi menjadi bahasa yang asing bagi kita, perkembangan penggunaan bahasa Inggris di dalam berbagai bidang kehidupan sekarang sudah tak terbatas. Penggunaan bahasa Inggris tidak lain tidak bukan merupakan hal yang tak terlepaskan dari adanya globalisasi yang semakin merasuk ke dalam kehidupan kita sehari-hari. Jauh sebelum era globalisasi semakin menonjol seperti sekarang ini, bahasa Inggris sudah menjadi bahasa yang wajib diajarkan di sekolah-sekolah, mulai dari tingkat SD hingga SMA, selain bahasa Indonesia sendiri. Anak-anak tingkat sekolah dasar setidaknya sudah harus bisa menggunakan bahasa Inggris tingkat dasar untuk percakapan ringan sehari-hari.

Dilihat dari hasil survey yang telah dilakukan di RW 4 Kelurahan Purwosari, banyak dari anak-anak tingkat sekolah dasar masih kesulitan memahami bahasa Inggris dasar yang seharusnya sudah mereka kuasai sesuai tingkatannya. Mereka juga dengan kompak mengatakan bahwa mereka jarang bahkan hampir tidak pernah membaca buku berbahasa Inggris karena hal tersebut dianggap sebagai momok menakutkan dan membosankan bagi mereka. Hal ini menjadi perhatian salah satu mahasiswa Undip jurusan sastra Inggris untuk berupaya meningkatkan penguasaaan kosakata bahasa Inggris anak-anak tersebut sesuai dengan tingkatannya, sekaligus berupaya mengubah stigma negatif mereka terhadap buku bacaan bahasa Inggris, sehingga mereka menjadi lebih tertarik dan antusias dalam membaca buku berbahasa Inggris.

Upaya tersebut direalisasikan dengan menggelar kegiatan “RELEASE”(Read and Learn English), kegiatan ini diikuti oleh beberapa anak-anak di RW 4 yang berjumlah sekitar 11 orang anak yang berada di tingkat sekolah dasar. Kegiatan “RELEASE” ini merupakan kegiatan yang mengajak anak-anak di tingkat sekolah dasar untuk membaca bersama buku cerita bergambar berbahasa Inggris yang telah dibagikan satu-persatu. Lalu, anak-anak diajak untuk memahami isi cerita dalam buku tersebut; dan kemudian memahami kosakata demi kosakata baru yang dapat diketahui dan diserap oleh anak-anak tersebut sebagai bentuk upaya peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris sesuai dengan tingkatannya.


Foto: Poster kegiatan “RELEASE”(Read and Learn English) dan informasi terkait benefit kegiatan
(sumber: dokumentasi pribadi)

Untuk menyukseskan kegiatan ini, pembuatan buku cerita bergambar berbahasa Inggris-pun dilakukan sebagai upaya untuk dijadikan bahan acuan untuk keberlangsungan acara “RELEASE”(Read and Learn English) ini. Buku cerita ini dibagikan kepada anak-anak yang hadir untuk dijadikan bahan bacaan mereka di rumah sekaligus sebagai buku untuk memperluas penguasaan kosakata bahasa Inggris yang mereka miliki sesuai dengan tingkat sekolah dasar. Buku cerita berjudul “The Life of Kanaya and Friends” ini, mengangkat tema persahabatan yang dikemas secara ringan, dengan tujuan agar anak-anak yang membaca cerita ini bisa turut mengambil nilai-nilai positifnya untuk dapat dilaksanakan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Selain itu, sesuai dengan tujuan lain dibuatnya buku ini, buku ini juga disertai dengan kamus mini yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menguasai kosakata-kosakata bahasa Inggris sesuai tingkat sekolah dasar, maka pembuatan cerita dan penyertaan kosakata dalam buku cerita ini juga didasarkan pada kurikulum mata pelajaran bahasa Inggris tingkat sekolah dasar; sehingga, anak-anak nantinya bisa juga menggunakan buku ini sebagai media belajar bahasa Inggris dan bahan bacaan yang menarik disamping materi dan textbook yang dibagikan dari sekolah.


Foto: Buku cerita berbahasa Inggris berjudul “The Life of Kanaya and Friends” untuk mendukung kegiatan “RELEASE”(Read and Learn English)
(sumber: dokumentasi pribadi)

Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di hari Minggu pada pagi hari, di salah satu rumah warga, yakni Bapak Nur Zuhaidi, beliau memang biasanya membuka rumahnya untuk mengajarkan mata pelajaran sekolah di rumahnya kepada anak-anak di sekitar rumahnya mulai dari tingkat sekolah dasar. Beliau menawarkan rumahnya untuk menjadi tempat pelaksanaan dan berkumpulnya anak-anak RT 2/RW 4 yang berada di tingkat sekolah dasar ini. Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan penjelasan kegiatan “RELEASE”(Read and Learn English) melalui poster, yang selanjutnya disambung ke kegiatan inti yakni membagikan buku dan membaca buku tersebut bersama-sama. Anak-anak menyimak buku yang telah diberikan dengan antusias, sedangkan mahasiswa KKN(Amanda Nur Fasya) membantu menerjemahkan kalimat demi kalimat dalam cerita tersebut, anak-anak-pun mendengarkan dengan seksama. Anak-anak tingkat sekolah dasar yang mengikuti kegiatan ini terlihat sangat bersemangat dan antusias menjalani rentetan kegiatan yang dilakukan.



Foto: Proses Pelaksanaan Kegiatan “RELEASE”(Read and Learn English) Bersama Anak-anak Tingkat Sekolah Dasar di RT 2/RW 4
(sumber: dokumentasi pribadi)

Acara berlangsung dengan penuh kegembiraan karena dibuat se-interaktif mungkin, dengan mengajak anak-anak untuk andil ikut mengartikan; mengucapkan kalimat yang ingin disampaikan menggunakan bahasa Inggris; menyanyi lagu bahasa Inggris bersama; dan lain sebagainya. Anak-anak juga aktif menjawab dan menyampaikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan interaktif yang disampaikan dengan penuh antusias. Hal ini dilakukan agar mereka menjadi terbiasa untuk menggunakan kosakata bahasa Inggris serta meningkatkan kemampuannya untuk memahami suatu cerita dalam bahasa Inggris nantinya. Di akhir kegiatan, diberikan game literasi berupa crossword(teka-teki silang) yang harus mereka isi dengan tepat. Terlihat antusiasme dan kepandaian mereka saat kegiatan berlangsung; dan saat menjawab teka-teki silang tersebut, tanpa membuka buku cerita mereka masih ingat cerita yang telah mereka simak tadi dan bahasa Inggris dari beberapa kosakata yang telah dipelajari dan didapatkan di kegiatan inti. Pemberian game literasi di akhir kegiatan ini bertujuan untuk merangkum dan mengukur tingkat pemahaman mereka terhadap cerita yang mereka baca dan kosakata yang mereka pelajari selama kegiatan RELEASE(Read and Learn English) berlangsung.

Penulis: Amanda Nur Fasya – 13020119120015
Fakultas/Jurusan: Fakultas Ilmu Budaya/Sastra Inggris
DPL: Hartanti Sandi Wijayanti, S.Gz., M.Gizi.
Lokasi : Kelurahan Purwosari, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus

KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2021/2022
#KKNtimllperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip