KESEHATAN ITU PENTING! JAUHI NARKOBA DAN CEGAH STUNTING TERHADAP ANAK!

Semarang (10/08/2022), Mahasiswa KKN Tim II UNDIP telah melaksanakan 2 program multidisplin yakni sosialisasi tentang Pemberatasan Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba dan sosialisasi Bahaya Stunting. Berikut kegiatan yang telah di lakukan.

Sebagai salah satu bentuk upaya dalam pemberantasan penyalahgunaan Narkoba di Kota Semarang, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP melaksanakan sosialisasi tentang Pemberatasan Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba, di SMK Kristen Gergaji Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Selasa (12/07/2022).

talitha-mul1
talitha-mul2

Saat ini, kasus penyalahgunaan dan peredaran narkoba sangat banyak terjadi di Indonesia khususnya di wilayah Kota Semarang. Pengguna dan pengedarnya banyak berasal dari kalangan muda hingga dewasa. Anak-anak muda sebagai generasi penerus bangsa Indonesia harus terbebas dari narkoba. Oleh karena, kegiatan penyuluhan tentang bahaya narkoba kali ini ditujukan kepada Siswa/i SMP dan SMK yang ada di Kelurahan Randusari.

Mahasiswa KKN Tim II Undip yang menjadi narasumber dalam sosialisasi ini memaparkan kepada siswa/i SMP dan SMK akan bahaya yang timbul ketika mengkonsumsi narkoba dan dampak negatif narkoba bagi diri sendiri dan juga oranglain. Pengunaan narkoba sendiri adalah tindakan yang melawan hukum Indonesia, jika ada yang mengkonsumsinya dengan sengaja maka dapat dipidanakan. Selain itu, narkoba juga dapat merusak kesehatan, psikis dan mental seseorang akibat efek negatif ketergantungan dalam pemakaiannya.

Siswa/i SMP dan SMK Kristen Gergaji menyambut baik dan antusias saat kegiatan ini berlangsung. Hal ini terlihat dari keaktifan mereka saat pemaparan materi. Setelah dilakukannya kegiatan ini, harapannya dapat menolong generasi muda agar terbebas dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

Selain itu, di Indonesia saat ini sedang marak kasus stunting (bertubuh pendek) pada anak usia dini. Kondisi ini disebabkan oleh kurang terpenuhinya gizi dari si anak. Pemerintah Indonesia menargetkan kasus ini akan mengalami penurunan pada tahun 2024 sebanyak 14%.

Melihat kondisi ini, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP melaksanakan salah satu program multidisplin yang berkaitan dengan stunting yaitu dengan memberikan edukasi dalam bentuk sosialisasi tentang Bahaya Stunting terhadap anak. Sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Jumat, 15 Juli 2022 di Balai Kelurahan RW 05 Kelurahan Randusari. Yang menghadiri sosialisasi ini adalah ibu-ibu hamil di wilayah Kelurahan Randusari.

rizal
Whats-App-Image-2022-08-09-at-10-30-04-PM

Sebagai calon orangtua baru, ibu-ibu hamil harus di berikan edukasi tentang bahaya stunting, guna mempersiapkan mereka dalam menjaga pertumbuhan dan perkembangan dari si buah hati. Harapannya melalui kegiatan ini orangtua lebih sadar dan memperhatikan kondisi anak, terutama dalam menjaga kebutuhan nutrisi sehingga terhindar dari masalah stunting.

Penulis: Talita Dei Harefa
Dosen Pembimbing Lapangan: An’im Kafabih, S.E., M.E.
Lokasi: Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan