Bahaya Narkoba di Kalangan Remaja, Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Edukasi Tanaman Berbahaya Mirip Efek Narkoba

1-1
Edukasi tanaman berbahaya mirip efek narkoba

Jagalan, Semarang Tengah (2/8/2022) – Mahasiswa TIM 2 KKN Universitas Diponegoro melakukan edukasi tanaman berbahaya mirip efek narkoba kepada siswa-siswi SMP Mataram, Jagalan, Semarang Tengah pada Selasa (2/8).
Remaja merupakan masa mencari jati diri, saat mencari jati diri inilah terjadi individu ingin bersosialisasi dan akan mudah mencari pergaulan. Pemikiran remaja yang belum matang dikhawatirkan mencari teman bergaul tanpa melihat baik buruknya. Rasa ingin tahu terhadap suatu hal juga membuat remaja beresiko memilih pergaulan yang salah.

Narkotika menjadi salah satu hal rawan yang dikhawatirkan digunakan oleh remaja. Narkotika adalah zat atau obat baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang. Dampak negatif penyalahgunaan narkotika terhadap anak atau remaja antara lain perubahan dalam sikap, perangai dan kepribadian, menurunnya kedisiplinan dan nilai-nilai pelajaran. Meskipun dapat disembuhkan, pengguna narkotika lebih beresiko mengalami gangguan kesehatan bahkan hingga kematian.

1-2
Tanaman Kecubung, salah satu tanaman mengandung zat psikoaktif yang berbahaya

Narkotika dapat berasal dari bahan sintesis maupun bahan alami seperti bagian dari tanaman. Beberapa tanaman mengandung zat berbahaya yang memiliki efek seperti narkoba seperti daun khat yang memiliki efek stimulan, daun kecubung yang mempunyai efek penghilang kesadaran, daun kratom yang mengandung psikoaktif pemicu kecanduan, blue lotus yang mengandung unsur alkaloid psikoaktif apomorphie yang memberi efek penenang, hawaiian baby woodrose yang dapat menimbulkan efek mabuk, kanna yang dapat membuat penggunanya merasa tenang, serta tanaman berbahaya lainnya.

1-3
Koordinasi dengan Yayasan Mataram, Kelurahan Jagalan

Tim 2 KKN Universitas Diponegoro 2021/2022 Kelurahan Jagalan berharap dengan adanya kegiatan edukasi tanaman berbahaya mirip efek narkoba dapat meningkatkan kesadaran generasi muda mengenai zat berbahaya yang terdapat pada beberapa tanaman yang memiliki efek seperti narkoba.

Penulis: Hanifah Syifaa Almas – Agroekoteknologi/Fakultas Peternakan dan Pertanian
Editor: Reny Wiyatasari, S.S., M.Hum