#UMKM Stuck di Situ-Situ Aja? Ini Dia Tips Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Kamu!

Perkembangan teknologi informasi telah berkembang dengan pesat. Sebagian aktivitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) telah memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan usahanya. Banyaknya pesaing menjadi pertimbangan bagi pelaku usaha untuk melakukan inovasi dalam memenangkan persaingan tersebut. Pastinya, dibutuhkan strategi marketing yang tepat untuk menjangkau pangsa pasar yang dituju sehingga dapat meningkatkan penjualan produk/jasa. Bagaimana caranya? Yap! Social Media Marketing. Social media marketing merupakan strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan suatu produk/jasa.

Wandira Naibaho selaku Mahasiswi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan merupakan bagian dari KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021/2022 melaksanakan program monodisiplin “Menuju UMKM Yang Berkelanjutan” dengan sub topik “Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM” melalui kegiatan sosialisasi dan pembuatan booklet, dimana kegiatannya telah dilaksanakan pada 31 Juli 2022. Dalam booklet yang telah dibagikan secara fisik maupun dalam bentuk soft file kepada para pelaku UMKM, terdapat beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya saing UMKM, seperti menentukan target pasar, menentukan platform yang sesuai dengan target market, membuat konten yang kreatif, menjalin komunikasi secara personal dengan efektif, menjadwalkan waktu posting, bekerja sama dengan pihak yang tepat, dan melakukan evaluasi secara berkala.

Whats-App-Image-2022-08-11-at-03-12-52

Pemasaran yang dilakukan melalui media sosial dapat memberikan kemudahan dan keuntungan yang signifikan kepada para pelaku UMKM. Para pelaku UMKM di Kelurahan Pakintelan dapat memperluas pangsa pasar dan meningkatkan daya saing dengan mengimplementasikan strategi-strategi tersebut dibarengi dengan tekad yang kuat. Pemasaran melalui media sosial harus dilakukan dengan cara yang benar sehingga tujuan pemasaran dapat tercapai. Semangat para pelaku UMKM!

Penulis : Wandira Naibaho (Administrasi Publik/FISIP)
Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. Hermin Werdiningsih, M.T
Lokasi KKN: Kelurahan Pakintelan, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang