Mahasiswa KKN Tim II Undip Kelurahan Wonodri Melakukan Kegiatan Sosialisasi terhadap Ibu-Ibu PKK RW 1 Kelurahan Wonodri dan Kegiatan Sustainable Development Goals (SDGs) Kesejahteraan serta Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi

Semarang (12/07/2022) – Berita Hoax adalah berita bohong atau kabar palsu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hoaks atau hoax adalah berita bohong atau berita tidak bersumber. Hoax adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar. Tapi dibuat seolah-olah benar adanya dan diverifikasi kebenarannya. Dengan kata lain, sebagai upaya memutarbalikkan fakta. Dengan ini media sosial menjadi salah satu yang sering digunakan kalangan saat ini dan informasi dengan mudah di dapatkan melalui Media sosial, berita apapun dapat di akses sesama pengguna internet melalui media sosial. Informasi yang dikeluarkan baik orang perorang maupun badan usaha melalui media sosial dan elektronik ketika telah terkirim dan dibaca oleh banyak orang dapat mempengaruhi emosi, perasaan, pikiran bahkan tindakan seseorang atau kelompok. Sangat disayangkan apabila informasi yang disampaikan tersebut adalah informasi yang tidak akurat terlebih informasi tersebut adalah informasi bohong (hoax) dengan judul yang sangat provokatif mengiring pembaca dan penerima kepada opini yang negatif.
Dengan Pemberian Sosialisasi yang dilakukan di salah satu Ibu PKK RW 1 Kelurahan Wonodri kepada Ibu-Ibu PKK yang berisikan Sosialisasi Tentang Pencegahan Berita Hoax, Karena masih ada beberapa Ibu-Ibu yang belum mengerti akan bahayanya Hoax dapat menimbulkan opini yang negatif, Menindaklanjuti penjelasan tersebut, Mahasiswa KKN Tim II Undip kemudian memberi penjelasan mengenai Hoax, sembari menjelaskan kita memberikan beberapa contoh Berita Hoax yang sudah sangat sering terjadi seperti berita yang berada di facebook ataupun broadcast yang di berikan melalui whatsapp.

gz-report
gz-reportt

Harapan setelah memberikan sosialisasi kepada Ibu-Ibu PKK RW 1 Kelurahan Wonodri menjadi lebih mengerti dan dapat mengidentifikasi sebuah berita yang tidak jelas dan memiliki informasi
yang tidak jelas. Selain itu, di Kelurahan Wonodri memiliki banyak UMKM karena UMKM berperan penting dalam sektor ekonomi, industri, sosial, dan kehidupan masyarakat sehari-hari. Jadi apa itu UMKM? Berdasarkan UU No. 20 Tahun 2008, UMKM dijelaskan sebagai suatu badan usaha berskala kecil yang dikelola oleh sekumpulan orang dengan jumlah pendapatan tertentu.
Walaupun berskala kecil, fakta membuktikan bahwa UMKM dapat menjadi penggerak atau motor kemajuan ekonomi bangsa. UMKM membangkitkan ekonomi suatu bangsa pasca terjadinya krisis. Hampir sebagian besar UMKM bergerak di bidang kuliner, tekstil dan garmen, perdagangan, makanan, dan lain lain. Apalagi Kemajuan teknologi digital tidak hanya dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi atau berkomunikasi jarak jauh, tetapi dapat dimanfaatkan untuk ekonomi digital. Ekonomi digital menjadi bagian dari UMKM untuk memasarkan produk. Melalui pemanfaatan teknologi digital produk-produk UMKM dapat memasuki pasar global sehingga akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan dengan adanya ekonomi digital ini diharapkan UMKM semakin berkembang serta bersaing di pasar global. E-commerce sangat berperan penting bagi UMKM yaitu sebagai menyebarkan informasi, pembelian, penjualan, pemasaran produk baik barang dan jasa melalui internet atau online. Banyak orang mengira bahwa e-commerce hanya sebatas marketplace, padahal marketplace salah satu bagian dari e-commerce.
Mahasiswa KKN Tim II Undip datang ke masing-masing pelaku UMKM selama 3 Minggu dan memberikan sosialisasi tentang cara mempromosikan sebuah produk ke e-commerce karena E-commerce memberikan dampak positif bagi UMKM yaitu memberikan dampak sosial-ekonomi bagi pelaku usaha lewat jangkauan pasar yang lebih luas. Dengan memberi sosialisasi kepada pihak UMKM bahwa e-commerce sendiri memberikan keuntungan bagi UMKM, baik yang baru berbisnis ataupun dari sisi biayanya mau biaya sewa, sewa toko. Dan Mahasiswa KKN Tim II Undip membantu untuk membuat akun di salah satu e-commerce dan membantu untuk mengupload produk yang di jual.

gz-reporttt
gz-reportttt

Harapan setelah sosialisasi mempromosikan produk UMKM melalui e-commerce para pelaku UMKM mendapatkan benefit yang lebih banyak dan dapat mengembangkan produk UMKMnya agar melebar ke seluruh Indonesia.

Penulis : Ghozali Ismail Nur/40020619650119 ( Informasi dan Hubungan Masyarakat – Fakultas Sekolah Vokasi)
DPL : An’im Kafabih, S.E., M.E.