Digital Marketing Sebagai Solusi Jitu Bagi UMKM, Mahasiswa KKN TIM II Undip Melakukan Edukasi Program Berbasis Digital Marketing Guna Meningkatkan Promosi

Krapyak, Semarang (10/08/2022) – Usaha Kecil Mikro Menengah atau sering disebut UMKM merupakan usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Perkembangan UMKM harus diimbangi dengan adanya daya tarik yang bisa menarik pelanggan. Akan tetapi terdapat kendala dalam kemauan sumber daya manusia di bagian UMKM nya sendiri. Terdapat beberapa UMKM yang belum memanfaatkan teknologi dikarenakan keterbatasan pengetahuan. Apalagi beberapa tahun sebelumnya UMKM RW 07 mengalami penurunan penjualan dikarenakan adanya pandemi.

Permasalahan tersebut membuat mahasiswa Tim II KKN Undip tahun 2022 berinisiatif untuk melakukan edukasi bagaimana cara melakukan promosi produk melalui digital marketing. Minggu, 31 Juli 2022 mahasiswa Tim II KKN melakukan edukasi mengenai bagaimana cara menerapkan digital marketing kepada pemilik UMKM di RW.07 Kelurahan Krapyak. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi dan mengenalkan cara bagaimana melakukan promosi melalui digital marketing kepada UMKM sehingga produk yang dijual dapat menarik pelanggan dan mudah dijangkau oleh banyak orang.

Whats-App-Image-2022-07-31-at-21-23-51

Kegiatan ini memanfaatkan leaflet sebagai media dalam memberikan gambaran kepada pemilik UMKM. Digital marketing dipilih karena penerapannya mudah dan praktis serta pemasaran melalui digital marketing juga memudahkan pelanggan untuk mengakses produk apa saja yang dijual tanpa harus bertatap muka secara langsung. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan UMKM dapat menerapkan promosi berbasis digital marketing dalam memasarkan produk yang akan dijual.

Whats-App-Image-2022-07-28-at-12-54-47
Whats-App-Image-2022-07-28-at-12-56-43

Penulis : Ayu Tantia Arafah (Fakultas Peternakan dan Pertanian )
Dosen Pembimbing Lapangan : Laura Andri Retno Martini, S. S., M. A
Lokasi KKN : Kelurahan Krapyak, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah
KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2021/2022