UMKM Berstrategi, Mahasiswa KKN Tim II Undip Berikan Penyuluhan Strategi Pemasaran Produk UMKM

Semarang (10/8) UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) sampai saat ini masih menjadi perhatian utama bagi pemerintah pusat, karena perannya yang mampu membangkitkan perekonomian di masa pandemi Covid-19. UMKM di Indonesia semakin berkembang, terutama di Pulau Jawa yang mana salah satunya adalah Provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah, salah satu Kota di Provinsi Jawa Tengah dengan jumlah UMKM terbanyak adalah Kota Semarang. UMKM di Kota Semarang tersebut diketahui berjumlah 11.908 UMKM. Banyaknya jumlah UMKM di Kota Semarang menandakan bertambahnya lapangan kerja dan menjadi bukti bahwa masyarakat semakin berinovasi.

Kelurahan Rejosari, Kecamatan Semarang Timur merupakan salah satu Kelurahan di Kota Semarang yang sebagian besar warganya menjalankan UMKM. UMKM di Kelurahan Rejosari sendiri sangat beragam, yaitu terdapat UMKM makanan, minuman, kerajinan tangan, dan lain-lain. Produk yang dihasilkan oleh masing-masing UMKM tersebut memiliki kualitas yang tidak kalah saing dengan produk-produk dengan merk terkenal. Namun terlepas dari kualitasnya yang baik, sebagian besar produk yang dihasilkan belum menjangkau pasar luas. Hal ini terjadi karena pelaku UMKM masih belum menerapkan strategi pemasaran. Maka, oleh karena itu diperlukan penyuluhan mengenai “Strategi Pemasaran Produk UMKM” kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Rejosari.

Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu mahasiswa KKN Tim II Undip yang bernama Naomi Jumaguni dari program studi Agribisnis terinspirasi melakukan penyuluhan mengenai strategi pemasaran produk kepada para pelaku UMKM yang telah tergabung pada komunitas GKS (Gerai Kopimi Semarang), agar para pelaku UMKM dapat berstrategi dalam memasarkan produknya. Kegiatan penyuluhan dilaksanakan pada hari Senin, 1 Agustus 2022 bertempat di Gedung PKK Kelurahan Rejosari. Penyuluhan dilakukan dengan memaparkan materi mengenai marketing mix 4P (product, place, price, dan promotion) yang merupakan strategi dasar dalam pemasaran. Kemudian setiap pelaku UMKM yang hadir, diberikan leaflet yang berisi ringkasan materi penyuluhan. Saat materi dipaparkan, para pelaku UMKM yang hadir tampak menyimak dan aktif bertanya serta berbagi pengalaman mengenai cara mereka dalam memasarkan produk.

Pemaparan-Materi-Strategi-Pemasaran-1 Pemaparan Materi Strategi Pemasaran

Pada akhir acara, Ibu Dwi Rini selaku salah satu pengurus GKS mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi penyuluhan yang dilakukan. Kemudian beliau meminta materi penyuluhan yang telah dipaparkan untuk dibagikan kepada pelaku UMKM yang belum dapat hadir.

Penulis: Naomi Jumaguni
DPL: Apip, S.E., M.Si.
Lokasi: Kelurahan Rejosari, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang