YUK RECYCLE!! MAHASISWA KKN TIM II UNDIP 2022 AJAK IBU-IBU RUMAH TANGGA MENDAUR ULANG KEMBALI LIMBAH MINYAK JELANTAH MENJADI SABUN CUCI SERBAGUNA DAN LILIN AROMATERAPI

Whats-App-Image-2022-08-10-at-22-55-37

Barusari, Semarang (27/07/2022) – Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021/2022 mengadakan pelatihan pembuatan produk dengan memanfaatkan Limbah Minyak Jelantah bersama Ibu-Ibu Rumah Tangga RW 05 Kelurahan Barusari. Program ini dilaksanakan dengan edukasi penggunaan minyak goreng yang baik dan benar serta bahaya limbah minyak jelantah bagi lingkungan. Selain edukasi, kegiatan ini juga dilakukan pelatihan tentang pengolahan limbah minyak jelantah menjadi sabun cuci serbaguna dan lilin aromaterapi.

Whats-App-Image-2022-08-10-at-00-29-46

Minyak goreng merupakan salah satu bahan pokok yang banyak menunjang masakan di Indonesia. Dengan pola konsumsi tersebut, tentunya minyak goreng bekas yang dihasilkan sangatlah banyak. Minyak goreng bekas ini dikenal dengan minyak jelantah. Minyak jelantah merupakan hasil sisa pengunaan minyak goreng yang berulang dalam suhu tinggi. Sehingga, minyak tersebut sudah rusak dan tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi. Karena tidak dapat dikonsumsi kembali, pada akhirnya minyak tersebut akan menjadi limbah. Jika minyak jelantah tersebut dibuang sembarangan akan merusak lingkungan seperti mencemari tanah dan merusak ekosistem perairan.

Maka, perlu dilakukan edukasi dan pelatihan kepada masyarakat khususnya Ibu-Ibu Rumah Tangga yang berinteraksi langsung dengan penggunaan minyak goreng tentang potensi produk yang dapat dihasilkan dari minyak jelantah sehingga dapat di manfaatkan baik untuk konsumsi pribadi maupun menjadi salah satu bentuk peluang usaha kecil. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, Nabila Putri Aninda mahasiswa jurusan Kimia Universitas Diponegoro sebagai salah satu bagian dari KKN Tim II Universitas Diponegoro membuat program kerja berupa edukasi dan pelatihan kepada Ibu-Ibu RW 05 di Kelurahan Barusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang untuk mengolah minyak jelantah menjadi suatu produk yang bernilai.

Whats-App-Image-2022-08-10-at-22-59-45

Kegiatan ini juga dibekali dengan pembagian leaflet sebagai panduan untuk Ibu-Ibu dalam membuat produk saat dirumah dan contoh produk sebagai gambaran hasil jadi. Kegiatan edukasi dan pelatihan ini mendapatkan antusiasme yang cukup besar dari Ibu-Ibu RW 05 yang ditunjukkan dengan mengajukan beberapa pertanyaan setelah materi selesai disampaikan.

Melalui kegiatan edukasi dan pelatihan pengolahan limbah minyak jelantah menjadi sabun pembersih serbaguna dan lilin aromaterapi ini diharapkan dapat mengurangi pencemaran lingkungan sehinggan lingkungan akan bersih dan berkurangnya limbah rumah tangga yang terbuang sia-sia serta memberi pemahaman kepda ibu-ibu mengenai pembuatan sabun pemersih serbaguna da lilin aromaterapi dari minyak jelantah. Dengan kegiatan ini juga diharapkan dapat menajdi peluang untuk ibu-ibu rumah tangga berbisinis dari rumah.

Penulis : Nabila Putri Aninda
DPL : Heri Sugito, S.Si., M.Sc.

#kkntimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip