GOFOOD SEBAGAI SARANA PEMASARAN UMKM KULINER DI TERAS GUNUNG

Kab. Semarang (10/08/2022) mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2021/2022 dibawah bimbingan Ibu Dr. Naniek Utami Handayani, S.Si.,MT, Reyna Estadista Herdini melakukan program kerja monodisiplin sosialisasi mengenai strategi pemasaran produk melalui media digital.

Setiap orang yang menjalankan bisnis pasti ingin meningkatkan penjualannya. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan melakukan marketing atau pemasaran. Saat ini sudah banyak berbagai jenis pemasaran yang dapat dilakukan, seperti pemasaran konvensional hingga digital marketing. Digital marketing adalah promosi dan pemasaran produk lewat media digital atau internet. Karena di era digital ini internet merupakan suatu kebutuhan yang tidak bisa terlepas dari kehidupan kita, menyebabkan banyak masyarakat yang saat ini melakukan digital marketing. Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan penjualan lewat digital marketing? Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan media digital. Disini dapat diambil contoh penggunaan media aplikasi GoFood untuk memasarkan produk kuliner. GoFood adalah salah satu layanan yang berada dalam aplikasi Gojek. GoFood hadir untuk melayani konsumen dalam bidang delivery kuliner. Terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 ini masyarakat sangat mengandalkan layan pesan antar khususnya untuk produk makanan serta minuman. UMKM yang bergerak dibidang kuliner dapat memanfaatkan GoFood untuk memasarkan produknya.

Sebelum memasarkan produknya melalui GoFood hal yang perlu dilakukan oleh para pelaku usaha adalah mendaftarkan usahanya ke GoFood. Tetapi masih banyak pelaku usaha yang tidak mengetahui cara mendaftarkan usahanya ke GoFood. Contohnya adalah para penjual makanan yang berada di Teras Gunung, Candirejo, Kab. Semarang. UMKM kuliner yang berada di Teras Gunung rata-rata penjualnya adalah orang tua yang tidak terlalu memahami digital marketing. Sehingga disini mahasiswa KKN Undip melakukan sosialisasi terkait strategi pemasaran melalui media digital berupa cara mendaftarkan usaha kuliner ke GoFood. Teras Gunung merupakan sentra kuliner atau pujasera yang berada di Candirejo, Kab. Semarang.

Sosialisasi dilakukan dengan menjelaskan langsung materi yang telah disiapkan lewat media booklet. Booklet tersebut berisi cara-cara untuk mendaftar ke GoFood dan disertakan gambar sehingga para penjual yang rata-rata orang tua dapat lebih memahami isi materi. Disini mahasiswa memilih menggunakan media booklet karena para penjual yang rata-rata merupakan orangtua tidak terlalu memahami penggunaan internet, sehingga dengan adanya booklet sebagai media cetak tersebut dapat memudahkan penjual untuk membaca cara-cara mendaftarkan usaha ke GoFood. Diakhir sosialisasi, mahasiswa melakukan tanya jawab terkait materi yang telah disampaikan kepada para penjual UMKM di sentra kuliner Teras Gunung. Tanya jawab tersebut bertujuan jika ada hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan oleh penjual kepada mahasiswa.

Sosialisasi yang telah dilakukan secara tidak langsung dapat memberi pengetahuan serta informasi mengenai cara mendaftarkan usaha ke GoFood. Keberlanjutan dari program ini diharapkan para penjual UMKM di Teras Gunung dapat mendaftarkan usahanya ke GoFood sehingga dapat meningkatkan penjualan mereka.

Penulis: Reyna Estadista Herdini – KKN TIM II UNDIP 2022
DPL: Dr. Naniek Utami Handayani, S.Si., MT.
Lokasi KKN: Kelurahan Candirejo, Kecamatan Ungaran Barat, Kab. Semarang

#KKNUNDIP