Maraknya Ikan Laut Tak Segar di Pasaran, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Edukasi Pemilihan Ikan Laut Segar Di Kelurahan Purwosari, Semarang Utara.

Whats-App-Image-2022-08-10-at-18-32-20

Purwosari, Semarang (22/07/2022) – Semarang merupakan salah satu Kota di Jawa Tengah yang lokasinya berdampingan dengan area pesisir laut. Begitu juga dengan Kelurahan Purwosari merupakan daerah yang dekat dengan laut. Hal ini tentunya juga berpengaruh kepada pola hidup dan konsumsi masyarakat sekitar. Pemilihan ikan laut yang segar merupakan hal penting yang harus dilakukan Ketika memilih ikan di pasaran. Pemilihan ikan ini dilakukan dengan tujuan menghindari bakteri yang telah berkembang di tubuh ikan dan menjaga kandungan serta manfaat yang diperoleh dari ikan. Dengan begitu, kegiatan ini sangatlah penting untuk dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar dapat cermat dalam memilih ikan.

Berdasarkan permasalah tersebut, mahasiswa Jurusan Imu Kelautan, Universitas Dipoegoro (Undip) KKN Tim II, melakukan Program edukasi terkait pemilihan ikan laut segar bersama masyarakat kelurahan Purwosari. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat sekitar terkait pemilihan ikan yang segar. Melalui kegiatan ini juga mendukung Program Kementrian Kelautan dan Perikanan GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakat Makan Ikan ) pada tahun 2004. Selain itu, program ini juga mendukung SDGs ke-3 yaitu tentang kehidupan sehat dan sejahtera.

Whats-App-Image-2022-08-10-at-18-32-21Whats-App-Image-2022-08-10-at-18-31-28
imgsafe
Kegiatan Edukasi Mengenai Pemilihan Ikan Laut yang Segar dilakukan di Balai Posyandu RW 03 dihadiri oleh ibu-ibu RW 03 dan sekitarnya.. Selama kegitan ini berlangsung, diberikan pemahaman secara langsung dan diberikan visualisasi poster yang dibagikan kepada masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut berlangsung dengan lancar. Adapun tips dalam memilih ikan laut yang segar yaitu :
1. Mata ikan tampak segar dan jernih
2. Insang berwarna merah, bersih, dan segar
3. Kulit ikan berkualitas tampak mengkilat dengan warna yang terang dan memiliki bau yang khas
4. Sisik menempel kuat dan tidak mudah terkelupas saat ditarik
5. Perut ikan yang segar terasa kenyal saat ditekan dan dapat kembali ke bentuk semula
Harapannya melalui kegiatan ini mampu meningkatkan kepekaan masyarakat terhadap ikan-ikan yang layak untuk dikonsumsi. Dengan begitu ikan-ikan yang dimakan adalah ikan yang benar-benar sehat dan segar.

Penulis : Zulfa Istiqomah
DPL : Zaki Ainul Fadlli.,S.S.,M.Hum
Lokasi : Kelurahan Purwosari, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang