BUTA INFORMASINYA, RUGI AKIBATNYA! MAHASISWA KKN UNDIP BERIKAN EDUKASI BAHAYA PINJAMAN ONLINE ILEGAL

Kota DKI Jakarta (29/07/2022) – Bobby Rahmat Hartanto, Mahasiswa Tim II KKN Undip Kelurahan Johar Baru, Kecamatan Johar Baru, Kota Jakarta Pusat 2021/2022, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, melaksanakan program kerja monodisiplin dengan tema “Edukasi Aspek Hukum Pinjaman Online Ilegal”, program kerja ini dilaksanakan di Pos RW 06 pada hari Jumat (29/07/2022).

https://ibb.co/FHp19Mz https://ibb.co/pf0f0Hf

Pada dewasa ini layanan pinjaman online terus berkembang dan diminati oleh masyarakat, namun perlu diketahui bahwa tidak seluruh layanan pinjaman online telah legal di Indonesia. Pinjaman online memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan layanan perbankan, yakni proses pengajuan serta persetujuan yang lebih mudah dan cepat, pencairan dana atau penerimaan dana yang lebih cepat, dan lain sebagainya. Namun terdapat beberapa oknum pinjaman online ilegal yang secara sengaja tidak mendaftakan perusahaannya ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga OJK tidak dapat mengawasi jalannya usaha layanan pinjaman online tersebut. Dasar hukum yang mengatur mengenai layanan pinjaman online yaitu Peraturan OJK Nomor 77 Tahun 2016 Tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

Pinjaman online illegal telah banyak meresahkan masyarakat karena memiliki berbagai dampak yang dapat merugikan, antara lain seperti menjadi sarana tindak pidana pencucian uang, penyalahgunaan data dan informasi, kehilangan potensi penerima pajak, terjerat bunga dan denda yang sangat tinggi, penagihan hutang yang tidak beretika, terror disertai intimidasi, dan lain sebagainya. Sehingga penting untuk diketahui ketika menggunakan layanan pinjaman online si peminjam harus memastikan bahwa layanan pinjaman online tersebut telah terdaftar di OJK. Dengan kata lain walaupun pinjaman online illegal menarik dari sisi jumlah pinjaman dan kemudahannya, tetapi menggunakan pinjaman online illegal memiliki konsekuensi yang cukup berat bagi si peminjam.

DOKUM-PINJOL-1

Berdasarkan beberapa penjalasan tersebut, Bobby Rahmat selaku mahasiswa Tim II KKN Undip 2021/2022 menghimbau agar masyarakat RW 06 Kelurahan Johar Baru dapat lebih bijaksana lagi sebelum menggunakan layanan pinjaman online. Karena dengan menggunakan layanan pinjaman online yang legal dan mengantongi izin resmi dari OJK konsekuensi yang diterima oleh si peminjam lebih sedikit. Kegiatan sosialisasi “Edukasi Aspek Hukum Pinjaman Online” dilakukan dengan metode presentasi kepada remaja dan pelaku UMKM rw 06 kelurahan Johar Baru, selain itu di akhir sesi mahasiswa juga memberikan selebaran leaflet yang berisikan tata cara menghindari pinjaman online illegal dan penempelan poster mengenai bahaya pinjaman online illegal di area pos RW sehingga masyarakat dapat lebih waspada dengan pinjaman online illegal.

Edukasi dilakukan dengan membahas mengenai ciri-ciri dan perbedaan antara pinjaman online legal dan illegal, dasar hukum dari layanan pinjaman online seperti menjaga kerahasiaan data dan melindungi data pribadi (Pasal 26 dan 39 POJK 77/2016), perlindungan konsumen (Pasal 29 POJK 77/2016), SOP pengaduan pengguna (Pasal 38 POJK 77/2016), serta tata cara melaporkan Layanan Pinjol Ilegal kepada OJK agar segera dilakukan pemblokiran terhadap layanan tersebut. Pada kegiatan sosialisasi tersebut para warga yang hadir juga turut serta memberikan tanya jawab disertai sharing pengalaman terkait materi.

DOKUM-PINJOL-2

Adapun harapan dan evaluasi bagi mahasiswa terkait pelaksanaan program kegiatan Edukasi Bahaya Pinjaman Online, yaitu waktu pelaksanaan kegiatan dilakukan pada malam hari sehingga tidak semua audiens yang diundang dapat menghadiri acara tersebut. Kemudian masyarakat juga berharap dengan adanya sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa terkait bahaya pinjaman online dapat meningkatkan tingkat kewaspadaan warga terhadap oknum pinjaman online illegal.
Penulis : Bobby Ramat Hartanto (11000119140567 / Fakultas Hukum)
DPL : Nurhadi Bashit, S.T., M.Eng
Lokasi : RW 06, Kelurahan Johar Baru, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat