Waspada Kecelakaan Kerja, Mahasiswa KKN Tim II Undip Periode 2021/2022 Mengadakan Sosialisasi Mengenai Pentingnya K3 di Bengkel, Kelurahan Purwosari, Semarang

first

Semarang (04/08/2022). Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2012, Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang selanjutnya disingkat K3 adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Dari pengertian tersebut bisa kita simpulkan bahwa K3 merupakan hal yang penting dalam dunia kerja salah satunya pekerjaan di bengkel.
Pada kesempatan kali ini, Muhammad Hanif An Naafi (21), mahasiswa KKN Tim II Undip Periode 2021/2022 program studi S-1 Teknik Mesin melaksanakan program kerja monodisiplin yaitu Sosialisasi Mengenai Pentingnya K3 Kepada Pengelola dan Pekerja Bengkel di Kelurahan Purwosari yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 4 Agustus 2022 yang bertempat di bengkel sekitar Kelurahan Purwosari.

second

Tujuan dari program kerja ini adalah untuk mengingatkan dan memberikan informasi mengenai pentingnya K3 dalam dunia pekerjaan terutama di bengkel, penyebab-penyebab kecelakaan kerja dan cara menghindarinya dengan menghindari hal-hal yang dapat membahayakan pekerja dan lingkungan sekitarnya serta melakukan hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjaga keselamatan pekerja dan lingkungan sekitarnya.
Program kerja ini dilakukan pada 3 bengkel yang terletak di Kelurahan Purwosari, kegiatan ini dilakukan secara berpindah dari satu bengkel ke bengkel yang lain dengan menggunakan media leaflet sebagai sumber informasi dan literasi bagi pengelola dan pekerja bengkel yang dilakukan sosialisasi.

third

Pada program kerja ini, para pengelola dan pekerja bengkel cukup menyimak hal-hal yang disampaikan oleh mahasiswa mengenai pentingnya K3 terutama di tempat kerja mereka yaitu di bengkel. Para pengelola dan pekerja bengkel juga menjadi lebih mengerti dan kembali mengingat tentang pentingnya K3 serta cara-cara menjalankan dan melaksanakannya. Program kerja ini juga membagikan leaflet-leaflet tersebut kepada para pengelola dan pekerja bengkel sehingga diharap dapat menjadi pengingat mengenai pentingnya K3 di masa mendatang.

Penulis : Muhammad Hanif An Naafi, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Dosen Pembimbing Lapangan : Zaki Ainul Fadli, S.S., M.Hum.