Pentingnya Akses Terhadap Bacaan Kebudayaan! Membangun Pikiran, Moral dan Juga Nilai

Whats-App-Image-2022-08-10-at-8-41-54-PM

Bandarharjo, Semaang (27/072022) – – Bacaan memang sangat dibutuhkan oleh semua kalangan, baik itu anak muda, orang tua, guru maupun siswa dan siswi yang sedang bersekolah. Ketika bacaan itu dianggap penting, maka dari itu akses terhadap bacaan tersebut haruslah mudah.
Dalam permasalahan kebudayaan, salah satunya diakibatkan kurangnya refrensi bacaan mengenai kebudayaan. Kebudayaan hanya dianggap sebuah karya seni dan tidak lebih dari itu. Sehingga kebudayaan tidak memiliki kekuatan yang signifikan didalam pengendalian nilai dan norma yang ada di masyarakat.
Sedangkan kebudayaan itu sendiri adalah segala hasil buah pikir manusia yang digunakan, dan juga memliki keguanaan agar manusia dapat bertahan hidup. Jadi didalam kebudayaan terdapat nilai dan norma didalamnya.
Mahasiswa Undip Universitas Diponegoro yang tergabung didalam TIM II KKN UNDIP menyebarkan Booklet Wawasan Kebudayaan sebagai jawaban atas sulitnya akses terhadap bacaan kebudayaan.
Booklet ini terdapat isian sederhana yang dapat dimengerti dengan mudah tentang konsep kebudayaan dan juga pemahaman kebudayaan lokal itu sendiri. Sehingga siswa dan siswi dapat memperluas pemahaman mereka tentang kebudayaan, dan dapat mengerti bahwa nilai dan norma yang berlaku di masayarakat adalah sebuah kebudayaan juga.