Mahasiswa KKN Tim II Undip Periode 2021/2022 Membuat Lampu Penerangan Bertenaga Cahaya Matahari dengan Memanfaatkan Panel Surya, Kelurahan Purwosari, Semarang

2

Semarang (09/08), Kehidupan manusia sehari-hari manusia tidak terlepas dari kebutuhan penerangan dimana penerangan adalah hal terpenting dalam melakukan berbagai aktivitas terutama di malam hari saat tidak terpapar sinar matahari. Salah satu solusi dari kebutuhan manusia akan penerangan adalah penggunaan lampu, dimana lampu memiliki pengertian yaitu sebuah peranti yang menghasilkan cahaya dengan fungsi sebagai penerang. Sebagian besar lampu memerlukan energi listrik untuk dapat menyala dan menjadi alat penerang.
Energi listrik yang digunakan untuk menyalakan sebagian besar lampu di Indonesia berasal dari pembangkit listrik yang bertenaga bahan bakar fosil dimana kesediaan bahan bakar fosil makin lama semakin menipis dengan banyaknya permintaan atas kebutuhan listrik di dunia. Selain itu, bahan bakar fosil juga mengeluarkan zat polusi yang dapat merusak lingkungan sekitar dan mengganggu kesehatan manusia terutama apabila terdampak secara berlebihan.

1

Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tim II Undip Periode 2021/2022 program studi S-1 Teknik Mesin Muhammad Hanif An Naafi (21) tergerak melakukan program kerja monodisiplin Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan Cahaya Matahari Menggunakan Panel Surya Pada Lampu Penerangan di Kampung Tematik Kelurahan Purwosari. Program kerja ini terinspirasi karena posisi Kelurahan Purwosari yang terletak cukup dekat dengan pesisir pantai dimana intensitas cahaya matahari cukup tinggi didapat.
Program kerja ini bertujuan untuk memanfaatkan cahaya matahari menjadi energi listrik menggunakan alat panel surya yang nantinya dimanfaatkan untuk menghidupkan lampu penerangan. Selain itu, program kerja ini diharapkan dapat mengedukasi warga Kelurahan Purwosari mengenaik energi baru terbarukan yang bila dimanfaatkan dapat menjadi energi yang ramah lingkungan dan dapat mengurangi polusi di bumi.

4

Program kerja ini dilaksanakan dengan mengumpulkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat lampu penerangan bertenaga panel surya, perakitan dan perangkaian lampu penerangan, pembuatan tiang penyangga dan penyerahan yang diberikan kepada pengelola Kampung Tematik Kelurahan Purwosari yang selanjutnya diletakkan di Kampung Tematik Kelurahan Purwosari sebagai penerangan di tempat tersebut.

3

Program kerja ini membuahkan hasil berupa 1 unit lampu penerangan bertenaga panel surya yang dinilai berhasil dan cukup memuaskan oleh pengelola Kampung Tematik sebagai lampu penerangan di tempat tersebut.

Penulis : Muhammad Hanif An Naafi, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Dosen Pembimbing Lapangan : Zaki Ainul Fadli, S.S., M.Hum.