Bantu Perluas Jangkauan Pemasaran UMKM, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Edukasi dan Sosialisasi Digital Marketing Melalui Marketplace di Kelurahan Purwosari
Purwosari, Kota, Kudus (4/8/22) – Perubahan teknologi yang saat ini mencapai fase Revolusi Industri 4.0 berdampak pada perubahan semua aspek kehidupan manusia dan menentukan perkembangan ekonomi secara global. Seiring dengan revolusi industri, pemasaran pun mengalami perubahan–perubahan sebagai akibat maupun adaptasi dari perkembangan pada dunia industri tersebut. Menurut riset yang dilakukan oleh SIRCLO dengan Katadata Insight Center (KIC), pandemi membuat 17,5% konsumen offline mulai mencoba berbelanja secara online. Terdapat 74,5% konsumen yang lebih memilih untuk berbelanja online terutama saat masa pandemi Covid-19. Kanal penjualan yang digunakan oleh konsumen untuk berbelanja online antara lain yaitu marketplace, media sosial dan website.
Pesatnya jumlah orang yang memilih untuk berbelanja online mau tidak mau mengakibatkan pelaku usaha harus beradaptasi dengan kebiasaan baru konsumen tersebut. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus mampu beradaptasi dengan perkembangan era digital dan mulai meninggalkan metode pemasaran konvensional. Solusi atas permasalahan tersebut dengan penerapan digital marketing untuk sarana memperluas jangkauan pemasaran produk UMKM.
Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro, Putri Nurmalia melakukan program kerja “Edukasi dan Sosialisasi Mengenai Digital Marketing Melalui Marketplace Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM” yang berlokasi di Kelurahan Purwosari, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Edukasi dan sosialisasi ini dilakukan lantaran banyaknya UMKM di Kelurahan Purwosari yang berpotensial akan tetapi mereka masih menggunakan cara-cara konvensional untuk memasarkan produknya sehingga penjualannya kurang maksimal. Sosialisasi ini dilakukan dengan 2 metode yaitu berbentuk forum diskusi dan kunjungan secara door to door ke UMKM “Putri Jaya Widaran Snack” yang ada di Kawasan Kelurahan Purwosari dan memberikan materi sosialisasi secara langsung berupa teori dan praktek cara-cara berjualan produk UMKM di Shopee sebagai seorang Seller. Sasaran dalan kegiatan ini yaitu para pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Purwosari. Kemudian agar para pemilik UMKM diberi sebuah modul agar mereka lebih memahami digital marketing dan cara serta tips berjualan di Shopee.
Dengan adanya sosialisasi program ini, diharapkan pelaku UMKM dapat mempraktekkan metode-metode digital marketing dalam usahanya sehingga dapat memperoleh jangkauan pemasaran yang lebih luas.
Penulis: Putri Nurmalia
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL): Hartanti Sandi Wijayanti, S.Gz., M. Gizi.
Lokasi: Kelurahan Purwosari, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus
#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip