NO STRESS = GOOD LIFE, Mahasiswa UNDIP Memberikan Edukasi Manajemen Stres

Jakarta (5/9) – Permasalah stres sudah sering terjadi di masyarakat. Stres dapat diakibatkan oleh berbagai hal yang membuat seseorang merasa tertekan, baik masalah kecil seperti listrik mati ketika sedang menyetrika baju hingga seperti kekerasan pada rumah tangga. Stres sebenarnya merupakan hal yang normal terjadi, namun jika terjadi secara terus menerus atau rasa stres semakin parah, maka dampaknya bisa fatal bagi kesehatan mental.

Sosialisasi dan edukasi mengenai manajemen stres dilakukan dengan tujuan agar masyarakat mengetahui cara-cara melakukan manajemen stres, sehingga kedepannya agar tidak timbul berbagai masalah kesehatan mental pada masyarakat akibat mengalami stres yang berkepanjangan ataupun kronis. Materi yang dipaparkan dalam sosialisasi ini yaitu pengertian stres, masalah yang dapat menimbulkan stres, dampak dari stres, dan cara melakukan manajemen stres.

Mahasiswa Memberikan Sosialisasi

Sosialisasi dilakukan di sekitar Jl. Pagu Jaten, Pejaten Timur. Sosialisasi dilakukan secara person-to-person pada warga yang sedang melakukan kegiatan sehari-hari. Sosialisasi dilakukan secara interaktif dan sebagian besar warga yang diberikan sosialisasi juga menceritakan pengalaman mereka mengalami stres dan cara mereka tersendiri untuk menangani stres tersebut.

Dokumentasi Setelah Memberikan Sosialisasi Kepada Warga

Setiap setelah sosialisasi diberikan, warga diberikan buklet mini mengenai materi-materi yang telah disampaikan pada saat kegiatan sosialisasi. Kegiatan sosialisasi berjalan cukup lancar, namun masih terdapat beberapa evaluasi dalam pelaksanaan kegiatan acara ini, yaitu jumlah warga yang menerima sosialisasi masih terbilang cukup sedikit dan terdapat sebagian kecil peserta yang kurang aktif ketika diberikan sosialisasi.

Harapan masyarakat setelah mengikuti sosialisasi ini yaitu mereka berharap dengan dilakukannya sosialisasi ini, mereka lebih mengetahui cara-cara untuk menangani stres mereka dan tidak takut untuk merujuk ke fasilitas kesehatan jika masalah kesehatan mental mereka tidak kunjung usai.

Muhammad Hilman Zharfi – Psikologi UNDIP 2019.
Dosen Pembimbing: Nurhadi Bashit, S.T., M.Eng.
Kelurahan Pejaten Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan