Mahasiswa KKN Tim II Undip Ajak Siswa SD 3 Puyoh Kenali Simulasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi

20220722-081544

Kudus (23/07/2022) – Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro melakukan demonstrasi pengenalan mitigasi bencana gempa bumi kepada siswa SD 03 Puyoh. Program kerja ini dilakukan dengan pemberian materi, menyanyikan yel-yel mitigasi bencana gempa bumi, simulasi mitigasi bencana dan pemberian poster mitigasi bencana. Mitigasi bencana itu sendiri merupakan serangkaian upaya yang dilakukan untuk mengurangi resiko bencana, baik melaui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Sedangkan, gempa bumi merupakan suatu getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi yang disebabkan oleh pergerakan lempeng bumi. Tidak dapat diprediksi kapan terjadi dan secara tiba-tiba.

IMG-20220722-075422
Whats-App-Image-2022-08-10-at-22-41-45-1

Mitigasi bencana gempa bumi dapat dilakukan dengan melakukan berbagai tindakan pencegahan maupun tindakan-tindakan yang dapat dilakukan saat adanya gempa bumi. Tindakan-tindakan terebut diantaranya, jangan panik ketika ada bencana dan tetap tenang,bila saat terjadi gempa bumi kita berada di dalam suatu ruangan maka usahakan untuk segera berlindung di bawah meja dan berpegangan. Kemudian lindungilah kepala dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar kita. Jaga jarak aman dari jendela yang rawan pecah sehingga dapat melukai diri. Saat gempa bumi telah berhenti, usahakan untuk segera keluar dari ruangan atau menjauhi bangunan dan pergi ke lapangan. Hal tersebut ditujukan bila bangunan roboh ataupun runtuh, kita sudah menjauh dan tidak terkena reruntuhannya. Dijelaskan pula dalam kegiatan edukasi tersebut, bahwa walaupun gempa bumi berhenti bisa saja terjadi gempa bumi susulan.
Dalam praktek mitigasi bencana gempa bumi tersebut dilakukan kepada 15 siswa kelas 5 SD. Yang mana kegiatan tersebut dikemas dengan konsep bermain sambil belajar menjadikan para siswa begitu antusias karena sambil mendengarkan materi, juga diselingi kuis berhadiah sehingga para siswa tidak bosan. Kuis berhadiah tersebut dilaksanakan dengan memberikan pertanyaan dan bagi para siswa yang berani menjawab akan diberi hadiah sebagai apresiasi. Kegiatan edukasi ini pun dimulai dengan pemutaran video mitigasi bencana gempa bumi, sehingga para siswa juga dapat mengetahui gambaran seperti apa mitigasi bencana gempa bumi dan apa yang perlu dilakukan.

penulis : Laela Noor Isnawati/24040119120001/Fisika
DPL: Hartanti Sandi Wijayanti, S.GZ., M.Gizi.
Lokasi : Desa Puyoh, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus