Sikuner Perkuat Geliat Digitalisasi UMKM di Kelurahan Purwoyoso

Digitalisasi UMKM Pasca Pandemi di Kelurahan Purwoyoso

Semarang (19/07/2022) – Pada era digital seperti saat ini, merubah berbagai aspek kehidupan masyarakat. Berbagai aspek kehidupan masyarakat mulai meninggalkan cara konvesional dan berubah ke arah yang lebih digital. Salah aspek yang terdapak adalah aspek ekonomi, baik makro ekonomi maupun mikro ekonomi. Sebagai contoh adalah UMKM yang mulai mengarah ke jalur digital atau biasa disebut gerakan digitalisasi UMKM.

Digitalisasi UMKM merupakan suatu upaya mendigitalkan pemasaran produk-produk UMKM oleh pelaku UMKM. Secara mudahnya, di zaman dengan teknologi yang semakin canggih telah memudahkan para pelaku usaha dalam memasarkan dan menjual produk-produknya secara online. Pelaku usaha dapat memasarkan produknya di media-media sosial bahkan dengan memberikan informasi titik lokasi pada maps yang tersedia di media sosial, sehingga memudahkan customer untuk datang langsung ke lokasi. Sebagai pelaku usaha juga sudah tidak memerlukan lagi lapak dagangan, karena perubahan cara penjualan melalui media sosial dan e-commerce sebagai ruang baru.

Dengan adanya digitalisasi UMKM maka meminimalisir biaya yang dikeluarkan UMKM karena tidak harus membutuhkan toko fisik yang relatif mahal. Selain itu dapat memperluas pasar yang dapat dijangkau oleh pelaku UMKM dan meningkatkan pendapatan UMKM.

Oleh karena itu, melihat potensi UMKM yang ada di Kelurahan Purwoyoso terutama pada RT 4 RW 13. Jhosua Sabathino Ennos A (21), selaku mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022 dari jurusan Manajemen, memberikan edukasi bagi UMKM kolektif di Kelurahan Purwoyoso yaitu Sikuner atau Silandak Kuliner mengenai digitalisasi UMKM. Edukasi ini dibalut dalam program kerja “Digitalisasi UMKM Pasca Pandemi di Kelurahan Purwoyoso”

Pada minggu kedua pelaksanaan KKN Tim II Undip 2021/2022 tepatnya pada tanggal 8 Juli 2022, dilakukan survey mengenai pola kegiatan UMKM baik pada aspek produksi, distribusi dan promosi di Kelurahan Purwoyoso. Dan dipilihlah UMKM di RT 4 RW 13 Kelurahan Purwoyoso yang bernama Sikuner atau Silandak Kuliner.

Kegiatan survey dilanjutkan dengan diskusi dengan pelaku UMKM di salah satu rumah warga anggota Sikuner. Tujuanya mengetahui pola kegiatan dan permasahan UMKM Sikuner, yang nantinya dapat dijawab oleh mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022 dalam program kerja monodisiplin (Digitalisasi UMKM Pasca Pandemi di Kelurahan Purwoyoso)

Program kerja dilaksanakan pada Selasa, 19 Juli 2022 di salah satu rumah anggota Sikuner (Ibu Hendro) yang dihadiri oleh beberapa anggota UMKM Sikuner. Pada pelaksanaanya mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022 (Jhosua Sabathino Ennos A) melakukan edukasi mengenai apa itu digitalisasi UMKM, mengapa perlu dilakukan digitalisasi UMKM, dan langkah-langkah memasukan Sikuner menjadi merchant di Google Bussines dan Gofood.

Dengan adanya program kerja ini, diharap pelaku UMKM di Kelurahan Purwoyoso terutama Sikuner semakin memperluas pasarnya dan meningkatkan pendapatan pelaku UMKM tersebut. Sehinga geliat UMKM digital di Kelurahan Purwoyoso semakin lebih kuat pasca pandemi covid-19.

Nama : Jhosua Sabathino Ennos A
NIM : 12010119120071
DPL : Dr. Ir. Suzana Ratih Sari, M.M, M.A
Lokasi KKN : Kelurahan Purwoyoso, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang