Bahaya Stunting, Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Pencegahan Stunting Sejak Dini

IMG-20220712-115413

Kabupaten Semarang – Sebagai upaya mencegah kasus stunting, mahasiswa KKN Tim II 2022 Universitas Diponegoro melakukan program edukasi peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui Gerakan Masyarakat Sadar Stunting “Gemasting”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 12 Juli 2022 di rumah Kepala Dusun Kretek RW 08 dengan sasaran masyarat yang khususnya memiliki anak balita. Edukasi yang diberikan kepada masyarakat berkaitan dengan bahaya stunting dan cara pencegahannya. Dalam program ini, mahasiswa KKN Undip juga memberikan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) yang mengandung nutrisi serta gizi yang baik.

IMG-20220712-091106

Stunting adalah kondisi gangguan pertumbuhan pada anak sebagai akibat kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama. Kondisi ini berdampak jangka panjang hingga anak dewasa dan lanjut usia.

Jika terjadi kekurangan gizi sejak dalam kandungan, maka dapat berpengaruh pada perkembangan otak dan organ lainnya yang menimbulkan risiko terkena diabetes, hipertensi, dan gangguan jantung. Di sisi lain, pertumbuhan otak yang tidak maksimal juga dapat menyulitkan anak untuk bertanggung jawab atas hidupnya sendiri kelak.

20220811-052342-0001

Tujuan dari program ini yaitu untuk meningkatkan wawasan dan kesadaran masyarakat Dusun Kretek RW 08 akan resiko tinggi dan bahaya stunting ketika masa pertumbuhan anak. Pencegahan stunting dapat dilakukan melalui serangkaian perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih. Di samping itu, pemantauan pertumbuhan rutin dapat dilakukan secara berkala setiap bulannya di kader kesehatan setempat sebagai upaya pencegahan stunting dan skrining gizi pada balita.

Oleh karena itu, melalui program ini diharapkan masyarakat dapat memahami pola asuh yang baik dan benar sehingga anak dapat terhindar dari stunting.

Penulis : Dhiya Alya Kasamira / 14030119120014 (Administrasi Bisnis – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)
Dosen Pembimbing KKN : Ir. Sutrisno, MP