Kurangi Penyebaran Covid-19, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro TIM II Berikan Sosialisasi E-Wallet Kepada UMKM Kelurahan Barusari Semarang

Whats-App-Image-2022-08-12-at-00-40-09

Semarang (28/7) – Pandemi Covid-19 yang hingga kini belum usai, berbagai kebijakan telah dilakukan demi mengurangi penyebaran angka Covid-19, hingga kini kasus covid-19 di Kota Semarang masih cukup beresiko. Covid-19 yang belum usai dapat disebarkan melalui sentuhan tangan atau interaksi secara langsung. Saat ini UMKM Barusari yang sudah menjalankan usaha nya terpantau masih banyak yang belum menerapkan teknologi E-Wallet. E-wallet merupakan layanan yang bersifat elektronik dan berfungsi untuk menyimpan data serta instrumen dari pembayaran. Dengan e-wallet, pengguna dapat menyimpan uangnya untuk melakukan transaksi keuangan, baik online maupun offline. E-wallet dapat mengurangi penyebaran covid-19 karena dengan menggunakan e-wallet maka transaksi tidak perlu bersentuhan dalam bentuk uang tunai.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-00-40-09-1

Sosialisasi yang diberikan oleh Laras Dwi Lestari mahasiswa D4 Informasi dan Humas ini merupakan sosialisasi E-Wallet pertama yang ada di Kelurahan Barusari. Dengan tujuan untuk memajukan UMKM Barusari dan memperkecil penyebaran covid-19, sosialisasi yang dilaksanakan di Kelurahan Barusari pun dilaksanakan dengan sangat sukses. Informasi mengenai sosialisasi disebarkan melalui media whatsapp grup UMKM Kelurahan Barusari dengan menggunakan poster. Sosialisasi E-wallet dihadiri oleh 10 orang peserta yaitu pemilik UMKM Desa Barusari dan dibantu 4 orang mahasiswa dari KKN UNDIP. Materi yang disampaikan berupa power point, dengan bebrapa poin penting diantaranya yaitu mengapa harus menggunakan e-wallet, keunggulan menggunakan e-wallet, hingga bagaimana penerapan e-wallet pada usaha UMKM.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-00-42-17

Acara tersebut juga dihadiri oleh Bapak Whisnu, selaku ketua gerai Kopimi Kelurahan Barusari. Program sosialisasi tersebut terdapat sesi tanya jawab, dimana pada sesi ini peserta sangat aktif bertanya dan pembicara menjelaskan secara singkat dan jelas. Setelah sesi tanya jawab berakhir, dilaksanakan sesi foto bersama, pada sesi ini, Laras Dwi Lestari selaku pembicara berfoto bersama dengan beberapa peserta yang sudah menghadiri sosialisasi tersebut, pada sesi ini Bapak Whisnu selaku ketua Gerai Kopimi Barusari juga ikut foto bersama. Diharapkan kegiatan atau program sosialisasi tersebut dapat terus berlanjut hingga bulan dan tahun yang akan datang. Hal ini diharapkan dapat membuat seluruh UMKM di Kelurahan Barusari semakin maju, sukses dan dikenal khalayak umum.

Penulis : Laras Dwi Lestari / 40020619650073 ( Informasi dan Hubungan Masyasrakat – Fakultas Sekolah Vokasi )
DPL : Heri Sugito S .Si,M.Sc