Sokong Open Defecation Free, Mahasiswa KKN Tim II Undip Ajak Masyarakat Kelurahan Sindurjan Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

 

Mahasiswa KKN Kelurahan Sindurjan sosialisasikan perilaku hidup bersih dan sehat, sasarannya yaitu kader-kader PKK Kelurahan Sindurjan dan perwakilan remaja dari setiap RW di Kelurahan Sindurjan. Sosialisasi ini membahas tentang apa itu PHBS, tujuan PHBS, 5 pilar sanitasi berbasis masyarakat meliputi tidak BAB sembarangan (Stop BABS), mencuci tangan pakai sabun (CTPS), pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, pengelolaan limbah cair rumah tangga. Kegiatan ini dilakukan pada hari Minggu, 7 Agustus 2022 bertempat di Balai Kelurahan Sindurjan.

Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ini disampaikan oleh Arsita Rahmawati Putri dan anggota yang lainnya juga ikut membantu teknis saat pemaparan materi. Kegiatan ini berjalan dengan lancar, walau terdapat beberapa hambatan namun dapat teratasi dengan baik. Selain penyuluhan PHBS, beberapa kegiatan lain terkait dengan program Gerakan Masyarakat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ini yaitu dilakukannya kerja bakti yang mana mahasiswa KKN ikut membantu, fun discussion dengan pemuda pemudi di RW 04 mengenai ODF, dan juga ikut membantu dalam posyandu lansia.

Program Gerakan Masyarakat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ini sangat diperlukan di Kelurahan Sindurjan karena warga masih belum sadar akan kesehatan keluarga dan kebersihan lingkungan. Hal ini dapat dibuktikan dari terdapat beberapa warga masih ada yang belum menerapkan Open Defecation Free (ODF). Kesadaran akan membuang sampah juga kurang, terlihat dari masih terdapat beberapa sampah yang dibuang sembarangan dan hanyut terbawa air sungai. Di samping itu program Gerakan Masyarakat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ini merupakan program yang berkaitan dengan SDG’S nomor 3 yaitu “Good Health and Well Being” sehingga nantinya diharapkan masyarakat akan lebih sadar akan pentingnya hidup bersih dan juga sehat yang selanjutnya dapat ikut menyukseskan program Open Defecation Free yang digalakkan Pemerintah Kelurahan Sindurjan. Berdasarkan wawancara yang dilakukan saat survey lokasi ke RW 04 masih ada 9 rumah tangga yang belum menerapkan Open Defecation Free sehingga diharapkan dengan adanya program Gerakan Masyarakat PHBS ini dapat menyukseskan program ODF tersebut.

Penulis : Kelompok KKN Tim II Undip Kelurahan Sindurjan
DPL : Arifa Rachma Febriyani, S.I.Kom, M.I.Kom