MENUJU ANAK BENDUNGAN SEHAT, MAHASISWA KKN UNDIP SIAP MENGGEMPUR DUA KASUS STUNTING DI DESA BENDUNGAN!

BENDUNGAN – Adanya dua kasus anak stunting di Kelurahan Bendungan diantara 45 kasus stunting di Kecamatan Gajah Mungkur membuat kelompok mahasiswa KKN Tim II Undip Kelurahan Bendungan memiliki keinginan untuk menyempurnakan Kelurahan Bendungan menuju nihil kasus stunting pada anak sehingga dapat membantu menurunkan kasus stunting di Kecamatan Gajah Mungkur pula.

Stunting merupakan kejadian terhambatnya pertumbuhan fisik yang dicirikan dengan adanya penurunan kecepatan pertumbuhan yang disebabkan oleh gizi yang tidak adekuat. Menurut World Health Organization (WHO) Child Growth Standard sesuai dengan indeks panjang badan dibanding umur (PB/U) atau tinggi badan dibanding umur (TB/U) dengan batas (Z-score) kurang dari -2 SD. Stunting akan berdampak jangka panjang apabila terjadi gangguan pada perkembangan fisik, mental, intelektual, serta kognitif. Anak yang mengalami stunting hingga usia 5 tahun akan kesulitan untuk memperbaiki sehingga akan berkelanjutan sampai dewasa dan dapat meningkatkan risiko keturunan dengan berat badan lahir yang rendah (BBLR).


Wawancara dengan Ketua Forum Kesehatan Kelurahan

Berdasarkan hasil wawancara dengan kader kesehatan di Kelurahan Bendungan ditemukan bahwa anak-anak yang mengalami stunting hanya ada 2 orang dengan usia 3 tahun yang masih dalam pemantauan. Status kesehatan balita maupun anak – anak di Kelurahan Bendungan sudah baik dan tidak ditemukan kasus gizi buruk.
Maka dari itu, Kelompok Mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022 Kelurahan Bendungan dengan dukungan Dosen Pembimbing Lapangan, Ibu Agustin Erna Fatmasari, S.Psi., MA., mengusung program untuk mengatasi kasus stunting pada anak Kelurahan Bendungan melalui tiga fokus kegiatan yaitu pemberian paket bahan makanan 4 Sehat 5 Sempurna sebagai dukungan untuk mencukupi kebutuhan asupan gizi pada anak, pembuatan buku saku dan poster mengenai stunting.


Pemberian Buku Saku Stunting

Pemberian bahan pangan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan minggu berkah Kelurahan Bendungan pada Minggu (10/7/22) kepada dua anak kasus stunting sedangkan pendistribusian buku saku dan pemasangan poster dilaksanakan pada Rabu (20/7/22) dengan alokasi orang tua anak dan guru di dua pos paud Kelurahan Bendungan. Poster dan buku saku sederhana tersebut memuat informasi mengenai pengertian, penyebab, tanda dan gejala, pemeriksaan, dampak atau komplikasi, serta tatalaksana dan pencegahan stunting dengan harapan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran orang tua mengenai pentingnya menjaga pola asuh kepada anak agar terhindar dari kasus stunting.


Pemberian Paket Stunting pada Keluarga Anak dengan Stunting di Kelurahan Bendungan

Penulis : Kelompok KKN Tim II Undip 2021/2022 Kelurahan Bendungan.
Lokasi : Kelurahan Bendungan, Kecamatan Gajah Mungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Dosen Pembimbing Lapangan : Agustin Erna Fatmasari, S.Psi., MA.