Upgrade skill pemasaran digital ! Mahasiswa Undip lakukan kelas pelatihan desain Canva hingga pengelolaan akun Instagram pada UMKM dan Karang Taruna di Kelurahan Tlogomulyo

IMG-20220729-102712

Semarang (10/08/2022). Kelurahan Tlogomulyo merupakan salah satu kelurahan yang terletak di Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Kelurahan ini memiliki potensi yang besar karena terdapat kurang lebih sebanyak 90 UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).Besarnya potensi UMKM ini juga menyongkong pertumbuhan ekonomi negara, maka pemberdayaan UMKM harus terus digencarkan. Pemberdayaan UMKM dapat dilakukan salah satunya dengan peningkatan brand awareness untuk menaikkan penjualan melalui konten menarik dengan digital marketing.

Digital marketing merupakan cara pemasaran yang dilakukan dengan perangkat elektronik atau internet serta berbagai platform media digital seperti Facebook, Instagram, tiktok, dll yang saat ini sangat relevan dengan seiring perkembangan zaman. Di Kelurahan Tlogomulyo terdapat UMKM yang masih tergolong menggunakan pemasaran dan penjualan secara konvensional yang kurang meluas di masyarakat. Meskipun pelaku UMKM di Kelurahan Tlogomulyo ada yang berasal dari remaja yaitu anggota dari Karang Taruna, namun ternyata masih terdapat yang kurang paham mengenai digital marketing. Kurang luasnya pemasaran dalam UMKM tidak menutup kemungkinan dalam UMKM menerapkan digital marketing untuk memperluas brand awareness hingga dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan. Terkait dengan permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Undip melakukan pelatihan ‘Pelatihan upgrading skill pemasaran digital menggunakan media sosial Instagram dan Facebook pada UMKM di Kelurahan Tlogomulyo’. Pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung dalam beberapa rangkaian dalam kegiatan pelatihan desain canva dan pengelolaan akun Instagram pada hari Jum’at (29/07/2022) yang dihadiri 17 pelaku UMKM di Gedung Balai Desa Kelurahan Tlogomulyo. dan Rabu (10/08/2022) yang dihadiri 18 anggota Karang Taruna di Masjid RW II Kelurahan Tlogomulyo.

Upgrading skill yang pertama dilakukan yaitu kelas desain dengan cara menggunakan aplikasi Canva untuk menunjang pemasaran digital UMKM di media sosial Instagram dan Facebook pada UMKM. Mahasiswa memberikan pengenalan cara menggunakan aplikasi Canva secara optimal dengan segala fitur yang ada untuk pembuatan poster promosi hingga logo. Aplikasi ataupun web Canva tidak berbayar atau gratis sehingga dapat menekan pengeluaran dan anggaran promosi. Banyak fitur dari Canva yang bisa dikreatifitaskan untuk membuat konten promosi yang menarik, mahasiswa juga memberikan tips dan trik pemilihan elemen, warna, gaya huruf, hingga copy writing yang menarik.

reportaseeeee

Adapun rangkaian lain yaitu, adanya pelatihan pengelolaan akun instagram untuk media pemasaran dari hasil desain promosi menggunakan Canva. Pengelolaan akun instagram dilakukan salah satunya dengan membuat dan merapikan konten Highlights Story pada Instagram pelaku UMKM. Mahasiswa juga mengajarkan cara untuk mengecek Insight dari hasil promosi di Instagram agar usaha bisnis pelaku UMKM dapat terpantau secara periodik. Hasil yang dapat dilihat yaitu untuk mengetahui seberapa jauh brand awareness (kesadaran merek) usaha bisnis di masyarakat melalui kanal media sosial. Pelaksanaan berlangsung aktif karena antusiasme peserta yang tinggi, peserta langsung mempraktekan penggunaan Canva dan pengelolaan akun Instagram. Output yang dihasilkan yaitu peserta mampu membuat desain konten promosi dan merapikan konten Instagram. Pelaku UMKM dan anggota Karang Taruna senang dalam pelatihan tersebut karena ilmu yang diberikan dapat terus berguna bagi keberlanjutan usaha bisnis mereka.

Harapan dari kegiatan ini semoga para pelaku UMKM di Kelurahan Tlogomulyo mampu dengan mandiri membuat konten promosi digital secara berkelanjutan, dilanjutkan dengan pengelolaan dan pemantauan akun media sosial Instagram untuk bisa mengetahui sejauh mana brand awareness produk di masyarakat melalui media sosial.

Penulis : Nydia Widya Soraya (Manajemen / Fakultas Ekonomika dan Bisnis)
DPL : Dr. Rr. Karlina Aprilia Kusumadewi, S.E., M.Sc., Ak.
Lokasi KKN : Kelurahan Tlogomulyo, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *