Pengguna Narkoba Meningkat Di Kalangan Remaja, Mahasiswa KKN Undip Ajak Remaja Melawan Narkoba

IMG-20220805-WA0012

Narkoba adalah sejenis zat adiktif yang berbahaya bagi tubuh. Bagai dua sisi mata uang narkoba menjadi zat yang bisa memberikan manfaat dan juga merusak kesehatan. Seperti yang sudah diketahui, ada beberapa jenis obat-obatan yang termasuk ke dalam jenis narkoba yang digunakan untuk proses penyembuhan karena efeknya yang bisa menenangkan. Namun jika dipakai dalam dosis yang berlebih, bisa menyebabkan kecanduan. Penyalahgunaan ini mulanya karena si pemakai merasakan efek yang menyenangkan.
Dilansir dari Kominfo.jatimprov.go.id, pada tahun 2021, angka coba pakai penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja mencapai 57% dari total seluruh penyalahgunaan narkoba. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menjabarkan, bahwa 82,4% anak berstatus pemakai, 47,1% sebagai pengedar, dan 31,4% sebagai kurir. Rasa penasaran yang tinggi atau pun trend dan lingkungan pertemanan serta kurangnya edukasi terkait bahaya narkoba di kalangan remaja juga dapat membuat semakin meluasnya kasus penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja.
Oleh karena itu Nurul Hidayah (21) mahasiswi KKN Tim II Undip melakukan sosialisasi edukasi dampak penyalahgunaan narkoba terhadap kesehatan psikis. Sosialisasi dilakukan pada Jum’at 05 Agustus 2022 pukul 09.00 WIB di SMP Smaratungga Desa Sampetan, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali.

Sosialisasi dihadiri oleh seluruh siswa kelas 7, 8, dan 9 SMP Smaratungga yang berjumlah 86 siswa. Sosialisasi dilakukan dengan memberikan penjelasan apa itu narkoba, jenis-jenis narkoba dan dampak yang ditimbulkan narkoba terhadap kesehatan psikis.

IMG-20220806-WA0035

“Sosialisasi hari ini sangat bermanfaat bagi kami, karena dengan adanya sosialisasi ini kami jadi mengetahui apa itu narkoba dan dampak bahaya dari narkoba” ujar Putiasri (15) siswa kelas 9 SMP Smaratungga Desa Sampetan yang ditanyai setelah kegiatan usai.
Selain memberikan penjelasan mengenai narkoba dan dampaknya terhadap kesehatan psikis Nurul Hidayah (21) juga memberikan poster yang berisi tentang narkoba dan dampaknya terhadap kesehatan psikis baik jangka pendek maupun panjang. Poster tersebut diberikan kepada perwakilan kelas 9 untuk ditempel di ruang kelas dan madding sekolah.

IMG-20220809-WA0131

Penulis : Nurul Hidayah-Peternakan-FPP
Lokasi : Desa Sampetan, Kec. Gladagsari, Kab. Boyolali
Dosen Pembimbing : Dr. Khairul Anam, S.Si., M.Si.